Berbagi tulisan bermanfaat yang pernah ku baca

Mengatasi Dan mengobati Vaskulitis Kutis

Saya berusia 31 tahun, sejak 15 tahun lalu saya mempunyai masalah dengan kedua kaki dari lutut kebawah terasa panas sekali, timbul bintik bintik merah yang akhirnya menghitam. Belakangan ini terasa panas nya sampai ke paha dan bintik merah itu timbul lebar lebar, selebar uang receh seratusan. Bila saya memakai celana atau rok panjang rasanya panas sekali. Saya sudah berobat ke dokter kulit katanya alergi. Sedangkan menurut dokter saraf yang saya alami itu namanya neuropatik. Yang ingin saya tanyakan
1. Sebenarnya apa penyakit saya?
2. Mesti berobat kemana lagi?
3. berapa lama pengobatan penyakit yang saya derita?
4. Apakah hitam pada kaki saya bisa hilang ?

Jawaban

vaskulitis kutis

1.Kemungkinan besar anda menderita vaskulitis kutis yaitu penyakit peradangan pembuluh darah kulit, dan bisa mengenai pembuluh darah organ dalam tubuh. Gejalanya seperti yang anda ceritakan, bercak bercak merah yang terasa nyeri, rasa panas terbakar atau gatal, letaknya di tungkai bawah kanan dan kiri. Pada waktu timbul dapat disertai demam, lemas, sakit otot dan sendi. Bercak merah bertahan selama 1 sampai 4 minggu kemudian sembuh dengan meninggalkan bercak hitam baris baru.
Macam macam penyebab vaskulitis, bisa infeksi bakteri, jamur ,parasit seperti cacing diperut , dan infeksi gigi seperti lubang dan akar gigi busuk yang tidak diobati. Selain itu juga bisa disebebkan karena alergi obat tertentu, autoimun atau sel darah putih menyerang diri sendir , keganasan seperti ada tumor atau kanker di tempat lain atau bisa juga sebagai tanda adanya penyakit lain dalam tubuh

2. Sebaiknya berobat ke dokter spesialis kulit dan kelamin di rumah sakit umum provinsi terdekat yang sarana pemeriksaannya lengkap, penyakit ini harus dicari penyebabnya baru bisa diobati sesuai penyebabnya. Biasanya akan dilakukan kerjasama antara dokter spesialis penyakit kulit dengan spesialis penyakit dalam untuk menemukan penyebabnya.

3. Pengobatan vaskulitis tergantung penyebabnya. Misalnya, jika vaskulitis  disebabkan adanya infeksi bakteri di paru paru, vaskulitis akan sembuh kalau penyakit paru nya diobati dan sembuh. Atau dari pengalaman saya dengan pasien seperti anda, vaskulitis nya kambuh setiap ia minum obat yang mengandung metampiron saat sakit kepala. Begitu tidak minum obat itu lagi vaskulitis nya sembuh. ternyata dia alergi metampiron. jika sudah ketemu penyebab nya, pengobatan bisa saja dilakukan di tempat lain dengan surat rujukan


4. Diobati sampai sembuh. Sebab percuma saja mengobati bekas nya kalau penyakit masih kambuh dan menimbulkan bekas lagi.

Sumber: Majalah Ummi edisi 12 tahun 2005




0 komentar:

Posting Komentar

Mengatasi Dan mengobati Vaskulitis Kutis