Berbagi tulisan bermanfaat yang pernah ku baca

Sariawan Muncul Saat Haid

Sariawan Muncul Saat Haid

 Assalamualaikum, dr.Dewi yang disayang Allah, usia saya 26 tahun. Setiap bulan waktu haid selain gangguan PMS, umumnya saya juga selalu mengalami sariawan. Saya cukup menderita, dok, karena bibir saya jadi kering ( terutama setelah gosok gigi ), dan setiap makan atau minum rasanya sangat sangat perih.

 Saya selalu berusaha menyembuhkan dengan minum vitamin C dosis tinggi atau obat sariawan dan panas dalam yang banyak diiklankan di tv, tapi sembuhnya lama. Seringnya haid sudah selesai tapi sariawannya masih tetap ada.

 Pertanyaan saya apakah penyebabnya dan bagaimana pencegahan yang terbaik ? Wassalamualaikum

 Jawaban

 Ibu Imas yang diberkahi Allah, kemungkinan besar sariawan yang ibu derita bukan sariawan biasa. Tapi berhubungan dengan hormon kewanitaan. Sebelum haid hormon progesteron akan meningkat sangat drastis dan dapat mempengaruhi berbagai organ tubuh pada orang tertentu. Ada pasien saya yang mengalami biduran setiap menjelang haid. Menjelang haid hal ini mirip dengan yang ibu alami hanya saja pada ibu yang terganggu adalah jaringan lunak mulut. Jadi bisa dimengerti kenapa minum vitamin C dosis tinggi pun tidak menolong. Karena memang penyebabnya bukan karena kurang vitamin C. Perlu diwaspadai penyakit dalam yang gejalanya antara lain adalah sariawan, misalnya penyakit lupus, penyakit darah dimana sel darah merusak jaringan tubuh sendiri.

 Untuk bisa mengobati secara tuntas sebaiknya pastikan dulu jenis penyakit sariawan ibu ke rumah sakit, biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan secara teliti dan bekerjasama dengan bagian penyakit gigi dan mulut serta bagian penyakit kandungan dan kebidanan.


 Untuk sementara, bila menjelang haid perbanyak konsumsi sayuran dan buah, minum air putih, kurangi makanan pedas dan asam, menggunakan pasta gigi tanpa deterjen atau pasta gigi anak. Bisa juga ditambah dengan minum madu dan mengkonsumsi habbatussauda secara rutin setiap hari. Ternyata habbatussauda mengandung hormon estrogen alami yang merupakan penyeimbang hormon progesteron. Selain itu perbanyak pula makanan produk  olahan kedelai, seperti tahu, tempe, susu kedelai, kacang kedelai rebus yang juga mengandung estrogen alami. 




1 komentar - Skip ke Kotak Komentar

Unknown mengatakan...

dokter saya lia. saya juga mengalami hal sama. tapi badan remuk sakit banget, sampai masuk angin, gigiyang denget sariawan juga sakit banget. padahl dulu saya pasti jerawatan tapi sekarang tidak malah sariawan

Posting Komentar

Sariawan Muncul Saat Haid