Berbagi tulisan bermanfaat yang pernah ku baca

Panu, Vitiligo Atau Psoriasis?

apakah ini ini panu?

Dokter Inong, saya muslimah usia 23 tahun,  sudah lebih 4 tahun saya menderita penyakit kulit.  Saya tidak pernah berobat ke dokter kulit karena kendala biaya dan juga takut dengan vonis dokter.

  Kulit saya mengelupas dan meninggalkan bekas putih putih, kadang menghitam dan kalau digaruk akan mengelupas ( bersisik ). Dan meninggalkan bekas seperti panu.  Kadang tumbuh seperti layaknya jamur dan terkadang pula timbul bintik bintik merah dengan permukaan kulit agak bertebing dan keriput.  Setelah beberapa hari akan berubah seperti panu, tapi tidak gatal, awalnya menyerang punggung kaki, punggung tangan, dan lutut.  Sekarang sudah menyebar sampai ke betis dan paha,  di area ini tumbuhnya seperti panu.

 Saya bingung dan merasa tidak percaya diri dalam bergaul.  Apakah ini yang dinamakan vitiligo atau psoriasis? Bisakah sembuh? Saya pernah dikasih obat anti jamur tapi tidak ada perubahan, kadang hilang dengan sendirinya, tapi tumbuh lagi yang baru. Dulu saya pernah berobat sama dokter umum tapi dokter tersebut bilang yang saya alami ini gejala rematik atau penyakit tulang.

 Saya sangat mengharapkan jawaban dari dokter inong. Terima kasih.

 Jawaban

  Dari penuturan anda kemungkinan besar anda menderita penyakit kulit pityriasis versicolor ( pv ), umum dikenal sebagai penyakit panu. Jangan khawatir, penyakit ini tidak menular. Saya sekalian meluruskan kesalahan pandangan masyarakat, panu bukan penyakit karena jorok, atau kotor, jarang mandi.

 Penyebab  penyakit ini adalah jamur pityrospore, yang sebenarnya merupakana penghuni normal di kulit manusia. Karena keadaan tertentu yang menyenangkanh jamur, maka jamur akan tumbuh berlebihan, jumlahnya menjadi banyak sehingga menyebabkan penyakit. Hal hal yang menyebabkan jamur tumbuh subur adalah:
1. Faktor dari dalam tubuh sendiri seperti keturunan, daya tahan tubuh rendah, menderita penyakit dalam kronis, minum obat obat penekan daya tahan tubuh dalam waktu panjang.
2. Faktor dari luar tubuh seperti suhu yang panas, kelembapan udara yang tinggi, dan banyak berkeringat.

 Gejala penyakit panu memang sering menipu, tidak selalu bercak putih bersisik seperti yang selama ini kita yakini. Panu bisa berupa bercak kehitaman, kadang berwarna coklat hitam, kemerahan, putih, biasanya bersisik halus. Letaknya bisa di seluruh kulit tubuh. Umumnya tidak gatal dan tidak ada keluhan apa apa. Kadang hilang atau sembuh sendiri kalau daya tahan tubuh kita baik. Penyakit ini bisa diobati secara tuntas, kalau dilakukan dengan menyeluruh, tekun dan konsisten.

 Penyakit vitiligo bercak putih nya sangat putih seperti susu dan sama sekali tidak bersisik. Sedangkan psoriasis berupa bercak merah dengan sisik tebal berlapis lapis.

 Saran saya, segera memeriksakan diri ke dokter spesialis kulit dan kelamin terdekat untuk mengetahui tepatnya penyakit yang diderita. Karena untuk semua penyakit kulit dokter harus melihat dan kalau perlu meraba kelainannya. Datang saja ke rumah sakit umum yang biayanya terjangkau dan alat untuk diagnosis lengkap. Untuk pengobatan juga bisa meminta obat yang terjangkau harganya. Apalagi kebijakan pemerintah saat ini semua dokter di rumah sakit pemerintah diwajibkan memberikan obat generik pada pasien.




0 komentar:

Posting Komentar

Panu, Vitiligo Atau Psoriasis?