Berbagi tulisan bermanfaat yang pernah ku baca

Taurin, DHA dan AA Dalam ASI


Taurin, DHA dan AA Dalam ASI

Taurin adalah salah satu jenis asam amino yang ada dalam ASI dan berperan dalam perkembangan otak dan fungsi retina.  DHA dan AA adalah dua jenis asam lemak yang penting bagi perkembangan otak dan sistem saraf. DHA mengandung jenis lemak omega 3 dan AA adalah omega 6.

 Ketiga jenis zat gizi ini adalah sedikit dari banyak sekali keuntungan yang terdapat pada ASI. Ironisnya, zat zat ini dengan gencar, digunakan sebagai unggulan pemasaran susu formula. Iklan yang menarik dengan frekuensi tayang yang sering, membuat kita tidak kritis terhadap informasi yang disampaikan dalam iklan.

 Kenyataannya, ASI mengandung banyak sekali unsur kebaikan, yang baru sedikit saja di ketahui dan dikenal sifatnya. Industri susu formula, dengan segala sumber dayanya akan selalu berusaha menyamai khasiat ASI, semakin banyak manfaat ASI di ketahui, maka semakin giat pula industri susu formula menambahkan zat tersebut.

 ASI mengandung asam lemak esensial yang cukup bagi perkembangan otak. Susu sapi yang menjadi bahan susu formula tidak mengandung asam lemak omega 3 tertentu, terutama DHA. Karenanya industri susu merasa perlu meniru komposisi ASI sedekat dekatnya.

 Padahal dengan cara apapun, khasiat susu formula tidak akan pernah bisa menyamai khasiat ASI. Seperti susu formula, ASI adalah zat hidup yang mengandung antibodi dan zat zat lain yang berguna bagi bayi. ASI pada menit pertama mengandung komposisi yang berbeda dengan menit ke tiga puluh.  ASI bayi prematur berbeda dengan ASI bagi bayi yang lahir pada waktunya.

 Seluruh zat pada ASI bekerja dengan cara yang saling bersambung. Keberadaan zat zat penting tidak saja perlu diberikan pada bayi, tetapi jumlahnya yang dapat diserap oleh bayi harus memadai.  Untuk itu maka Allah  telah melengkapi ASI dengan enzim lipase, sehingga penyerapan asam lemak ini sempurna, dan tidak terbuang banyak di kotoran. Ini ditandai dengan bau kotoran bayi ASI yang jauh lebih ringan daripada bayi yang diberi susu formula

 Peran nutrisi ibu hamil dan menyusui
 Perkembangan otak berjalan terus pada janin sejak minggu keempat setelah pembuahan.  Karenanya kualitas nutrisi ibu saat hamil memegang peran penting pada perkembangan otak. Selanjutnya pertumbuhan otak masih berlangsung hingga anak berumur sekitar 3 tahun.  Pendeknya, lama masa kehamilan hingga usia anak 3 tahun, akan menentukan kualitas pertumbuhan otak. Secara umum tidak diperlukan perubahan drastis pada pola makan ibu.  Selama ibu makan gizi seimbang, produksi ASI akan lancar.

Taurin terdapat pada protein hewani. Sedangkan DHA dan AA terdapat pada ikan salmon sardine serta minyak seperti minyak jagung, kedelai dan wijen,jadi mengapa kita masih harus membeli susu formula yang sangat mahal?

Sumber:ummi edisi 2005




0 komentar:

Posting Komentar

Taurin, DHA dan AA Dalam ASI