Berbagi tulisan bermanfaat yang pernah ku baca

Efektifkah Penggunaan Cairan Pembersih Buah ?



Efektifkah Penggunaan Cairan Pembersih Buah ?

 Agar manfaatnya bisa optimal buah dan sayur mesti dicuci sebelum dimakan atau diolah. Tapi perlukah menggunakan cairan pembersih makanan ?

 Mengkonsumsi buah dan sayur segar adalah salah satu diet yang dianjurkan untuk menjaga kesehatan tubuh. Ahli nutrisi mengatakan bahwa konsumsi buah dan sayuran sedikitnya lima kali sehari dapat mengurangi resiko timbulnya kanker dan berbagai jenis penyakit lainnya. Tak heran bila di setiap hidangan makan, kedua jenis bahan makanan ini seolah tak pernah absen dari atas meja.

 Seiring dengan meningkatnya konsumsi buah dan sayur,  timbul kekhawatiran adanya bakteri atau sisa pestisida yang melekat pada buah dan sayur terutama yang masih belum diolah atau dalam kondisi segar. Adanya bakteri dan sisa pestisida ini dapat menyebabkan sakit perut bahkan diare. Dari fenomena ini munculah produk industri yang disebut cairan pembersih makanan,  suatu agen pembersih khusus untuk bahan makanan seperti buah buahan dan sayuran. Produk yang telah banyak beredar di supermarket ini mengklaim dapat menetralisir residu pestisida dan menghilangkan berbagai macam bakteri yang melekat pada buah dan sayur. Produk ini juga disebutkan mampu mencuci buah dan sayur lebih bersih dibanding mencuci dengan air biasa. Benarkah demikian ?

 Berbagai universitas terkemuka di dunia mengatakan bahwa dalam sebuah penelitian dibuktikan meskipun cairan pembersih makanan aman digunakan,  keefektifan produk pencuci ini tak jauh berbeda dibanding bila buah dan sayur dicuci dengan air keran biasa. Selain itu,  pada penelitian 5 merk cairan pembersih makanan ditemukan bahwa 3 dari 5 merek produk tersebut mampu menghambat 80 sampai 90 persen pertumbuhan koloni bakteri sama halnya dengan air keran biasa. Oleh karena itu penggunaan cairan pembersih makanan dapat dikatakan hanya bersifat pemborosan. Untuk membersihkan buah dan sayuran segar cukup digunakan air keran biasa dan kalaupun anda memerlukan cairan pembersih makanan  pastikan tidak berlebihan dan khusus untuk buah dan sayur yang memiliki celah celah yang sulit dibersihkan.

Lakukan ini sebelum mengkonsumsi sayur dan buah:
 1. Untuk menghilangkan bakteri yang menempel di permukaan kulit,  sebaiknya cuci buah buahan dan sayur dengan air mengalir. Mencuci bahan bahan tersebut di dalam air rendaman justru akan menyebabkan bakteri semakin senang berkembang biak.

 2. Cuci dahulu buah buahan sebelum dikupas atau dipotong,  jangan sebaliknya. Kulit buah segar umumnya banyak mengandung bakteri dan sisa pestisida yang dapat mencemari daging buahnya bila tidak dicuci terlebih dahulu. Buah yang telah di potong atau dikupas akan menjadi lebih rentan terkena sisa pestisida dan bakteri yang terdapat pada kulit buah.

 3.Bila hendak menyimpan buah dan sayur yang telah dicuci bersih,  pastikan bahan bahan tersebut sudah cukup kering sebelum dimasukkan ke dalam kulkas karena sisa air akan menjadi media pertumbuhan bakteri.


 4. Gunakan air hangat atau air sabun untuk mencuci peralatan yang sering digunakan seperti pisau dan talenan. Selain itu, tak lupa selalu cuci tangan sebelum menyiapkan bahan masakan di dapur.





0 komentar:

Posting Komentar

Efektifkah Penggunaan Cairan Pembersih Buah ?