Berbagi tulisan bermanfaat yang pernah ku baca

Apa Itu Melasma ?

Apa Itu Melasma ?


 Melasma merupakan bercak hiperpigmentasi yang sering ditemukan pada kedua pipi,  dahi, dagu, hidung dan dapat meluas ke leher. Warnanya dapat bervariasi dari coklat muda sampai coklat tua, bahkan ada yang sampai kehitam hitaman. Bentuknya tidak teratur dan ukurannya mula mula hanya berupa bercak kecil, lama kelamaan bisa meluas. 

 Melasma sering menyerang wanita pada usia dewasa sebagai akibat penumpukan pigmen yang disebabkan oleh lamanya pengaruh rangsangan sinar matahari. Melasma dapat muncul seiring dengan  meningkatnya hormon estrogen dan progesteron. Karena faktor hormonal inilah sehingga sering muncul pada wanita yang mengkonsumsi pil KB dengan kandungan hormon untuk kehamilan yakni estrogen dan progesteron.

 Melasma juga akan muncul pada orang orang yang sering memakai tisu yang mengandung zat pewangi dan pada orang yang terlalu banyak memakai kosmetik yang mengandung zat pemerah pipi

 Melasma juga akan mudah terjadi pada orang yang banyak mendapat sinar matahari pada siang hari antara pukul 09.00 – 15.00  . Hal ini karena pada jam jam tersebut, sinar matahari berkadar ultraviolet tinggi yang akan memacu sel sel pigmen kulit ( melanosit ) untuk membuat pigmen kulit ( melamin ) lebih banyak. Penampakan pigmen kulit itulah yang akan memudahkan timbulnya melasma

  Melasma dapat dihilangkan dengan menggunakan obat oles yang bersifat mengikis sel sel yang mengandung melanin berlebihan. Contoh obat oles yang dikenal adalah krim hidroquinon. Pemakaian krim hidroquinon disarankan agar dipakai bertahap, yaitu dipakai tipis tipis dan hanya beberapa jam saja pada malam hari untuk pemakai pemula. Pemakaian krim hidrokuinon bisa menimbulkan iritasi bila digunakan mendadak dan berlebihan.

  Untuk menghindari melasma sebaiknya  kulit jangan  terpapar terlalu lama di bawah sinar matahari. Sayangi kulit anda agar selalu tetap terjaga keindahannya. Selalu perhatikan penggunaan obat obat yang dioleskan di permukaan kulit jangan sampai pemakaian obat yang berlebihan pada kulit dapat menyebabkan penyakit kulit yang justru merusak kulit itu sendiri.






0 komentar:

Posting Komentar

Apa Itu Melasma ?