Berbagi tulisan bermanfaat yang pernah ku baca

Fungsi Kulit Bagi Manusia

Fungsi Kulit Bagi Manusia


 Kulit merupakan bagian paling luar yang membungkus tubuh dan berhubungan langsung dengan berbagai pengaruh luar. Kulit juga merupakan cerminan dari keadaan tubuh seseorang. Orang yang tidak sehat biasanya ditandai dengan kulit yang kurang cerah. Kekurangan gizi dan nutrisi lainnya pun dapat terlihat dari kulit, misalnya kulit tampak keriput atau kurang elastisitasnya.

 Setiap orang di dunia ini, khususnya wanita mendambakan kulit yang halus dan cantik . Namun yang lebih penting dan merupakan persyaratan untuk tetap halus dan cantik adalah kulit yang sehat. Kulit yang sehat lebih diutamakan daripada yang halus dan cantik. Bahkan para ahli di bidang kesehatan kulit mengatakan bahwa dalam kulit yang sehat terdapat juga kulit yang halus dan cantik.

 Kulit mempunyai fungsi yang sangat kompleks, dan fungsi fungsi tersebut sangat penting bagi kehidupan manusia. Fungsi kulit antara lain adalah :

 1. Kulit sebagai alat proteksi
 Sebagai alat proteksi, maka kulit berfungsi untuk menjaga bagian dalam tubuh terhadap gangguan fisik atau mekanis, seperti tekanan dan gesekan. Selain itu, kulit juga dapat melindungi tubuh terhadap gangguan kimiawi dan infeksi dari luar, terutama dari kuman maupun jamur. Perlindungan perlindungan di atas dapat terlaksana karena adanya lemak kulit dan serabut serabut jaringan penunjang yang berperan sebagai pelindung terhadap gangguan fisik. Adanya sifat keasaman kulit menyebabkan pH kulit dapat berfungsi sebagai pelindung terhadap infeksi bakteri maupun jamur.

  2.Kulit sebagai alat absorbsi
 Kemampuan absorbsi kulit dapat dipengaruhi oleh tebal tipisnya kulit, kelembapan, dan metabolisme. Penyerapan dapat berlangsung melalui celah antar sel atau melalui muara saluran kelenjar.

 Adanya daya serap kulit terhadap oksigen dan karbon dioksida serta uap air memungkinkan kulit ikut bernafas mengambil bagian dalam fungsi respirasi.

 3. Kulit sebagai alat ekskresi
 Kulit dapat berfungsi sebagai alat untuk mengeluarkan zat zat yang tidak berguna atau sisa metabolisme dalam tubuh, seperti urea, asam urat , dan amonia. Adanya lapisan sebam pada kulit, juga berguna menahan penguapan air yang berlebihan agar kulit tidak kering

 4. Kulit sebagai pengatur suhu tubuh.
Kulit mempunyai cara mengatur suhu tubuh dengan mengeluarkan keringat  dan dengan mengerutkan pembuluh darah kulit. Kulit mempunyai pembuluh darah sehingga memungkinkan kulit mendapat nutrisi yang cukup baik.

 Biasanya dinding pembuluh darah pada bayi belum terbentuk sempurna sehingga terjadi kelebihan cairan dalam kulit. Oleh karena itu, kulit bayi tampak lebih membengkak karena lebih banyak mengandung air dan natrium

 Kulit juga dapat berfungsi dalam pembentukan vitamin D dan membentuk pigmen. Dengan mengetahui pentingnya fungsi kulit, maka bila terjadi gangguan pada kulit, secara otomatis akan mempengaruhi kondisi tubuh.




0 komentar:

Posting Komentar

Fungsi Kulit Bagi Manusia