Berbagi tulisan bermanfaat yang pernah ku baca

Mengapa Rambut Berbeda Jenis?



folikel rambut

 Allah telah menciptakan rambut manusia dalam berbagai jenis. Ada rambut yang lurus, rambut bergelombang,  hingga rambut keriting. Adapula rambut berwarna putih,  pirang, coklat hingga hitam. Begitu berbeda namun sama indahnya.

 Rambut terbentuk dari protein tubuh yang disebut keratin dan tumbuh dalam satu kantung rambut yang disebut Folikel. Rambut ini kemudian muncul dari lubang permukaan kulit yang begitu kecilnya dan tumbuh memanjang.

Perbedaan jenis rambut lurus dan keriting disebabkan oleh perbedaan bentuk Folikel atau kantung rambut. Folikel rambut lurus berbentuk bulat penuh sehingga rambut yang muncul pun menjadi bulat dan mulus tubuhnya. Sementara Folikel rambut keriting berbentuk oval gepeng sehingga rambut yang tumbuh pun ber gelombang mengikuti bentuk Folikel ini. Semakin gepeng bentuk Folikel ini,  semakin keriting lah rambut kita.

 Apakah seseorang akan memiliki Folikel bulat, hampir gepeng atau gepeng sama sekali, tergantung pula pada bentuk Folikel kedua orang tuanya. Orang tua yang keduanya berambut lurus,  besar kemungkinan akan memiliki anak berambut lurus. Bila kedua orang tua berambut keriting,  maka anaknya pun sangat mungkin berambut keriting. Bila salah satu orang tua berambut lurus,  anaknya pun akan memiliki kemungkinan berambut keriting,  atau bisa jadi hanya sekedar bergelombang saja.

 Sementara itu,  perbedaan warna rambut dipengaruhi oleh zat melanin dalam tubuh. Zat melanin adalah penentu warna pada tubuh kita. Ketika orang yang tak memiliki zat melanin dalam tubuhnya,  akan memiliki rambut berwarna putih. Sementara,  orang yang memiliki sedikit saja melanin,  akan memilih memiliki rambut berwarna pirang.

 Semakin banyak melanin,  semakin gelaplah warna rambut. Mulai dari berwarna pirang kemerahan,  merah kecoklatan, coklat kehitaman,  hingga rambut yang berwarna hitam legam.

 Tak heran,  meski rambut kakak beradik yang satu keluarga berbeda beda hal ini disebabkan karena Folikel dan melanin yang berasal dari kedua orang tuanya tidak sama.

Sumber: Majalah Ummi edidi 2005




0 komentar:

Posting Komentar

Mengapa Rambut Berbeda Jenis?