Berbagi tulisan bermanfaat yang pernah ku baca

Tepung Kecambah Sereal atau Tepung Malt

Tepung Kecambah Sereal atau Tepung Malt
Kecambah Barley


 Pak sugiono,  saya ingin menanyakan tentang tepung kecambah sereal yang katanya dapat mengurangi kekentalan bubur. Bila bayi kesulitan mengunyah dan menelan bubur biasanya pada makanannya ditambahkan air, akibatnya makanan yang masuk lebih sedikit tetapi lebih banyak air. Untuk itu ditambahkan dengan tepung kecambah sereal yang dapat mengurangi kekentalan bubur,  bahkan akan seperti sup. Yang saya tanyakan apa itu tepung kecambah sereal dan bagaimana proses pembuatannya ? Terima kasih atas penjelasannya.

 Jawaban

 Tepung kecambah sereal komersial umumnya dibuat dari butir barley atau butir gandum. Butir barley atau butir gandum bentuknya mirip dengan butir ka'bah. Cara pembuatan tepung kecambah serealia adalah. Dua butir barley atau butir gandum disimpan pada tempat yang lembab dan gelap sampai berkecambah. Kecambah yang di hasilkan kemudian dikeringkan lalu digiling menjadi tepung kecambah dari butir barley disebut juga malt. Dengan demikian tepung kecambah barley sering disebut sebagai tepung malt

 Tepung kecambah sereal banyak mengandung enzim amilase. Enzim amilase terutama dihasilkan selama proses perkecambahan.  Enzim amilase dapat membantu mencerna pati sehingga dapat menjadi lebih encer. Bubur bayi bersifat kental karena mengandung pati. Jika tepung kecambah sereal ditambahkan pada bubur bayi,  maka pati pada bubur bayi tersebut dicerna oleh enzim amilase sehingga menjadi lebih encer. Bubur bayi yang lebih encer lebih mudah ditelan oleh bayi.

 Enzim amilase menjadi rusak jika dipanaskan. Enzim amilase juga kurang aktif jika terkena suhu dingin. Oleh karena itu,  pada saat menambahkan tepung kecambah sereal pada bubur bayi sebaiknya digunakan air hangat,  bukan air mendidih atau air dingin. Setelah tepung kecambah sereal ditambahkan pada bubur bayi,  aduk sampai tercampur rata,  diamkan beberapa saat agar enzim amilase bekerja,  kemudian baru disuapkan kepada bayi.


Status kehalalan tepung kecambah sereal tidak terlalu mengkhawatirkan jika tidak menggunakan bahan bahan tambahan dalam pembuatannya. Mengenai hal ini,  disarankan untuk melihat daftar ingredient yang terdapat pada label kemasan produk kecambah sereal. Jika pada daftar ingredient tersebut tercantum bahan bahan tambahan,  maka teliti apakah pada labelnya terdapat tulisan atau logo halal.

Sumber: Majalah Ummi edisi 2005




0 komentar:

Posting Komentar

Tepung Kecambah Sereal atau Tepung Malt