Berbagi tulisan bermanfaat yang pernah ku baca

Menghilangkan Komedo Dan Stretch Mark

Menghilangkan Komedo Dan Stretch Mark


 Assalamualaikum
 Dewi yang cantik, saya punya masalah dengan kulit wajah dan kulit sekitar lipatan paha.
1. Kulit wajah saya berkomedo, bagaimana caranya agar pori mengecil, kulit cerah tidak kusam ? Bisakah komedo dihilangkan selamanya ?
 2. Apakah obat untuk memutihkan kulit di sekitar lipatan paha, siku dan lutut, karena saya takut mencoba obat obatan yang ditawarkan iklan di koran koran.
 3. Perawatan apa yang harus dilakukan agar stretch mark yang sudah terlanjur ada dan tidak dapat dihilangkan, tidak bertambah parah dan banyak ? atas jawabannya, saya ucapkan terima kasih.
 Wassalamualaikum

 Jawaban

Waalaikumsalam
 1. Apa itu komedo ? Komedo adalah gumpalan lemak yang menyumbat pori kulit. Penyebabnya bisa karena ada kotoran yang menyumbat pori karena jarang dirawat atau dibersihkan, atau memakai kosmetik yang mencetuskan komedo misalnya yang mengandung lanolin, atau kosmetik yang terlalu banyak lemak atau mengandung bahan kimia tertentu, atau makan makanan yang terlalu berlemak, minum obat obatan tertentu, serta cuaca dan polusi.

 Ada 2 macam yaitu komedo yang paling sering terjadi, komedo terbuka dan komedo tertutup. Komedo terbuka terlihat sebagai bintik kehitaman, jika dipencet mudah keluar berupa lemak. Daerah wajah yang sering ditumbuhi yaitu hidung, bahkan bisa tersebar pada seluruh wajah. Komedo jenis ini boleh dikeluarkan sendiri asalkan dengan alat ( ekstraktor komedo ) yang steril jangan pakai kuku kotor. Sebaiknya kulit dibersihkan dulu dengan susu pembersih, dihapus dengan waslap basah dan dicuci dengan air dan sabun. Setelah itu dibuka dengan penguapan wajah di atas baskom berisi air panas yang masih menguap selama lima sampai sepuluh menit. Kemudian pencet komedo dengan ekstraktor komedo yang telah direndam dalam alkohol 70 persen secara hati hati, tidak dipaksa. Setelah itu oleskan penyegar untuk memperkecil pori sementara. Jangan sekali kali memencet komedo yang sedang meradang, bengkak dan kemerahan karena akan memperluas infeksi dan bila sembuh dapat menjadi cekungan yang sulit diratakan lagi.

 Untuk komedo yang ada pada puncak hidung boleh juga dicoba dihilangkan dengan “ pore pack “ yang ditempelkan kemudian ditarik. Perlu diketahui bahwa cara ini relatif aman tapi hanya bisa mengangkat komedo yang berada di permukaan kulit karena bahan kimianya yang bersifat mengangkat kulit ari pada lapisan teratas saja.

 Sementara itu untuk komedo tertutup berupa bintik putih keras di dalam kulit, atau ada yang menyebutnya jerawat batu, ada cara tersendiri ketika mengeluarkan komedo jenis ini. Sebaiknya dilakukan oleh tenaga medis ( dokter, perawat ), karena harus dibuka dulu dengan jarum steril dengan teknik tertentu supaya tidak berbekas. Kalau ingin praktis, bisa membersihkan komedo dengan tindakan facial di salon yang bersih dan bekerja sesuai prosedur.

 Untuk mencegah timbulnya komedo dan kulit kusam, rawat dan bersihkan kulit wajah dengan teratur. Cara membersihkan wajah sudah sering dibahas pada rubrik ini, coba buka lagi koleksi majalah ummi ya. Hindari mencoba coba sembarang kosmetik. Allah swt memang menganugerahi pori kulit yang lebih besar pada jenis kulit berminyak, dibandingkan dengan mereka yang berkulit kering, karena untuk jalan keluar lemak yang banyak diproduksi. Bayangkan kalau pori kulit kecil, padahal produksi minyak banyak keluar, kemana minyaknya ? Tapi jangan khawatir karena pori bisa dikecilkan sedikit dengan pengelupasan kulit melalui tindakan chemical peeling oleh dokter terlatih. Atau yang paling mutakhir dengan injeksi botox yang harus diulang setiap tiga sampai enam bulan dan biayanya sangat mahal. Sebenarnya ditinjau dari segi kesehatan tidak ada manfaatnya mengecilkan pori, hanya alasan kosmetik saja, yang terpenting menjaga agar pori kulit tetap bersih tidak tersumbat kotoran dengan membersihkan kulit secara tekun, rutin dan teratur.

 2. Jika kulit kita normal, tidak sensitif, bisa mencoba krim pemutih khusus untuk daerah ketiak dan selangkangan paha yang sudah cukup dikenal merknya. Pakai hanya malam hari dan oleskan tipis jangan digosok. Segera hentikan kalau terjadi kemerahan, atau perih. Kalau cocok hasil akan terlihat setelah sebulan lebih. Sebaiknya tidak digosok gosok dengan lulur, warna kulit bisa menjadi semakin gelap. Namun bila kulit mudah iritasi, sebaiknya berobat ke dokter spesialis kulit dan kelamin terdekat, supaya dibuatkan obat racikan kusus. Untuk lutut dan siku hitam dapat memakai hand body lotion yang mengandung pemutih kulit relatif aman, atau dengan bahan alami seperti bengkuang. Boleh juga dilulur sekitar dua kali seminggu. Tapi harus sabar karena warna kulit akan berubah lebih muda insya Allah setelah berbulan bulan.  Sekali lagi, pemakaian rajin dan teratur.

3.Sstretch mark yang sudah terlanjur berwarna putih sampai saat ini belum ditemukan obat maupun cara untuk menghilangkannya. Stretch mark bisa di pudarkan atau dihilangkan kalau diobati pada fase awal, yaitu ketika masih berwarna kemerahan atau keunguan. Umumnya dokter ahli akan mengobati dengan krim yang mengandung tretinoin atau AHA. Jadi dianjurkan untuk segera ke dokter kalau mulai timbul stretch mark dan masih berwarna kemerahan. Untuk perawatan stretch mark yang sudah terlanjur ada, oleskan pelembab atau body lotion segera setelah mandi ketika kulit masih lembab.


Ummi edisi agustus 2005




0 komentar:

Posting Komentar

Menghilangkan Komedo Dan Stretch Mark