Berbagi tulisan bermanfaat yang pernah ku baca

Makna kehidupan akhirat



Makna kehidupan akhirat

Hidupan akhirat itu, kehidupan yang kekal. Disana kita akan mendapatkan balasan atas apa yang telah kita lakukan selama hidup di dunia. Jadi yang ada dalam pemahaman saya, kehidupan di dunia itu adalah masa kita berusaha dan berjuang, tidak saja untuk memenuhi kebutuhan hidup selama kita di dunia, tapi juga mencari bekal untuk kehidupan akhirat.

 Kalau ditanya bagaimana kita menyikapi kehidupan di dunia dan akhirat, saya cuma bisa menjawab bahwa waktu yang diberikan Allah selama kita hidup di dunia ini harus digunakan sebaik mungkin untuk mengumpulkan kebaikan sebanyak banyaknya sebagai bekal kehidupan kita di akhirat kelak.

 Banyak hal yang bisa dilakukan sebagai bekal kita untuk akhirat. Salah satunya adalah melakukan apa apa yang memang diizinkan dan diwajibkan oleh Allah. Tapi itu saja sepertinya tidak cukup, Harus juga disertai niat hanya untuk mendapatkan ridho Allah. Jadi, berbuat sesuatu tidak semata mata mengharap imbalan di dunia. Lebih dari itu, meraih ridho Illahi.

 Dalam kehidupan sehari hari, kebetulan saya bertugas sebagai kepala puskesmas, saya mempunyai kewajiban untuk memberi pelayanan kepada masyarakat, khususnya di bidang kesehatan. Kewajiban tersebut saya jalankan dengan selalu berusaha diniatkan hanya karena Allah dan untuk mendapat ridho Allah.

 Amalan amalan khusus yang saya lakukan dalam mengisi keranjang bekal untuk akhirat nanti, masih dalam taraf ibadah yang wajib wajib saja yang rutin dilakukan. Selain itu ibadah lainnya, masih sedikit sih, seperti ibadah sunnah sholat dhuha, sholat tahajud, atau puasa sunah. Ya, yang sunnah sunnah yang bisa kita lakukan ia kita lakukan. Kemudian saya juga berusaha, meskipun dibilang sedikit, menyisihkan gaji yang saya terima dan mengeluarkan zakat sesuai yang diwajibkan agama.

 Kalau membaca al quran maaf terus terang saya agak kesulitan di waktunya, jadi kurang bisa dilakukan setiap habis sholat. Biasanya saya membaca Alquran sehabis sholat isya, karena waktunya memang agak longgar. Ditambah pula setiap habis sholat tahajud menjelang sholat subuh. Sedangkan untuk menambah pengetahuan saya tentang islam, saya berusaha mengikuti kajian pekanan. Insya Allah itulah yang saya lakukan.
Dr. Mamik juniarti

Ummi edisi agustus 2005




0 komentar:

Posting Komentar

Makna kehidupan akhirat