Berbagi tulisan bermanfaat yang pernah ku baca

Apa Manfaat Gunung ?

Apa Manfaat Gunung ?

 Bumi terdiri dari beberapa lapisan, dan kerak bumi adalah lapisan bumi yang paling atas. Di atas kerak bumi lah kita bisa tinggal, berjalan, bermain, dan sebagainya. Lapisan ini seolah diam,, tapi sebenarnya lapisan ini selalu bergerak. Agar tak bergerak terus ada yang harus menahan. Jika tidak ada yang menahan, maka di seluruh penjuru bumi akan terjadi gempa terus menerus. Gunung lah yang meredam guncangan itu.

 Caranya ? Gunung gunung terbentuk akibat gerakan dan tabrakan lempeng besar kerak bumi. Saat dua lempeng bertabrakan yang sangat lambat, ujung salah satunya masuk ke bawah ujung lempeng satunya. Lempeng bagian atas mencuat dan membentuk gunung . pada saat yang sama lempeng yang berada di bawah, semakin masuk ke dalam perut bumi. Ketika bagian atas dan bawah ini bersatu karena kuatnya, keduanya seolah mengikat lempeng lempeng bumi agar tidak mudah bergerak dan tetap stabil. Ibaratnya, gunung adalah pasak ( paku ) agar bumi kita ini tetap seimbang.

 Kemudian apakah anda tahu betapa dinginnya suhu udara di kutub selatan dan kutub utara ? Sebaliknya, suhu udara di gurun tentu panas sekali. Nah, bila kedua suhu yang sangat dingin dan sangat panas ini bertemu maka akan terjadi badai dengan kecepatan 1000 km per jam. Semua yang ada di atas bumi akan porak poranda. Alhamdulillah ada gunung dan pegunungan. Ketinggiannya menjadikan gunung sebagai penghalang antara angin yang sangat dingin dan sangat panas tersebut, sehingga badai yang menghancurkan manusia pun tidak terjadi.

 Itulah keajaiban yang sudah Allah ciptakan untuk melindungi manusia dari bencana yang besar. Allah Maha Hebat, Maha Pintar dan Maha Penyayang kepada kita semua.

Sumber: ummi edisi agustus 2005




0 komentar:

Posting Komentar

Apa Manfaat Gunung ?