Berbagi tulisan bermanfaat yang pernah ku baca

Keringat Berlebihan Pada Wajah

Keringat Berlebihan Pada Wajah


 Dokter dewi saya muslimah berusia 27 tahun. Selama ini saya punya masalah dengan keringat yang berlebihan hanya di bagian muka ( bukan di badan ). Saat diam maupun beraktivitas,  keringat keluar ketika saya beraktifitas dan udaranya lagi dingin. Saya tidak memakai kosmetika apa apa. Saya pernah memakai bedak putih agar muka saya kering dan tidak keringatan,  tapi hasilnya nihil. Saya jadi malu dan minder bagaimana mengatasinya ? Apakah sabun mandi bisa mempengaruhi hal ini,  karena setiap mandi muka saya selalu saya basuh pakai sabun mandi ? Terima kasih atas jawabannya.

 Jawab

 Kelenjar keringat terdapat pada kulit seluruh tubuh yang berguna untuk pengaturan suhu tubuh manusia. Jenis nya ada dua macam,  yang pertama kelenjar keringat ekrin,  terletak menyebar di seluruh tubuh. Keringat yang dihasilkan tidak berbau,  dan sudah bekerja sejak lahir. Yang kedua kelenjar keringat apokrin,  tempatnya tertentu,  hanya di ketiak,  sekitar pusar,  dan daerah kelamin. Kelenjar apokrin ini mulai aktif bekerja setelah balig,  dan keringat yang dihasilkan biasanya berbau khas,  karena bereaksi dengan bakteri,  apalagi kalau dalam keadaan emosi.

 Pada orang tertentu,  aktivitas kelenjar keringat ada yang berlebihan pada daerah tertentu,  karena saraf otonom ( saraf tidak sadar ) nya bekerja lebih keras di daerah tersebut. Mengenai sebabnya sampai sekarang hanya allah yang mengetahui,  manusia belum tahu. Kasus seperti ini disebut hiperhidrosis,  kalau diterjemahkan berarti keringat berlebihan. Contoh yang paling banyak terjadi pada telapak tangan dan kaki, ada juga yang di ketiak bahkan sampai berwarna hijau atau keunguan. Pengobatannya bermacam macam,  antara lain denganmenggunakan formalin,  dengan menggunakan arus listrik lemah,  bedak khusus yang sangat menyerap keringat,  dan yang paling baru menggunakan suntikan botox untuk melumpuhkan saraf otonom yang bekerja terlalu keras. Hal ini harus dilakukan oleh dokter ahli yang berpengalaman dan harus diulang setiap 3 sampai 6 bulan.

 Yang terjadi pada anda berupa hiperhidrosis pada wajah. Sebaiknya ditelusuri dulu sebabnya. Apakah anda memakai deodorant antiperspirant yang menghambat pembentukan keringat pada ketiak seperti bedak anti keringat atau deodorant lain yang disebut mengandung tawas ? Kalau iya, ini  bisa jadi terjadi mekanisme kompensasi,  keringat tidak bisa keluar di ketiak tetapi keluar di wajah. Sebaiknya anda periksa ke dokter spesialis kulit dan kelamin terdekat.

Sementara itu jangan pakai kosmetik apapun ( pelembab,  alas bedak ) yang lengkap dan berminyak pada wajah. Kalau berkeringat segeralah usap dengan kain halus yang lembab dan keringkan dengan kain kering baru. Dibedaki dengan bedak tabur. Sabun mandi sebaiknya tidak dipakai untuk mencuci muka karena menurut penelitian,  nilai keasamannya sekitar 9,  sama dengan sabun colek. Sabun mandi bisa mengikis lapisan pelindung kulit sehingga kulit jadi kering, kasar dan timbul kerutan halus. Untuk mencuci kulit wajah dianjurkan memakai sabun khusus kulit dengan pH seimbang kulit yang sekarang.

Sumber: Ummi edisi 2005




0 komentar:

Posting Komentar

Keringat Berlebihan Pada Wajah