Berbagi tulisan bermanfaat yang pernah ku baca

Macam Macam Teh, Apa Keistimewaannya?

macam macam teh dan keistimewaannya

Kita mengenal berbagai macam teh, seperti teh hijau merah dan hitam. Di pasaran kita sering memperoleh teh kemasan bahwa teh ini atau  teh itu mempunyai khasiat ini itu. Yang saya tanyakan apakah kemasan teh tersebut memang berupa teh saja atau ada campuran dengan zat zat tertentu untuk mempunyai khasiat tertentu?

 jawaban

Hasil olahan daun teh secara umum dapat digolongkan menjadi tiga jenis yaitu teh hijau, teh hitam dan teh oolong. Ketiga jenis teh ini berbeda dalam cara pengolahannya terutama pada tahap pemanasan daun teh sebelum pengeringan.

Teh oolong merupakan pertengahan antara teh hijau dan teh hitam. Teh hijau, daun yang dipanaskan dalam proses pengeringan. Teh hitam daunnya tidak dipanaskan sedangkan teh oolong di panaskan sedikit. Produk teh ini biasanya berupa daun teh kering yang dicampur dengan bunga melati kering agar aromanya harum. Produk teh kualitas rendah yang ada di pasaran banyak yang dicampur dengan batang daun atau bahkan ranting. Produk teh semestinya tidak mengandung campuran bahan atau zat lain.

Minuman teh bersifat menyegarkan dan diyakini mempunyai khasiat bagi kesehatan tubuh. Dari berbagai penelitian diketahui bahwa teh mengandung komponen kimia flavonoid dalam bentuk katekin yang mempunyai efek positif terhadap kesehatan. Katekin berfungsi sebagai antioksidan yang berperan melawan radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh karena dapat mengganggu fungsi sel.


Disamping itu teh mempunyai aktivitas antidiabetes yaitu dapat menurunkan kadar glukosa darah. Teh juga dapat menurunkan kolesterol plasma darah, menghambat penempatan pembuluh darah atau atheros klerosis, mengurangi stress, menurunkan tekanan darah tinggi, dan bahkan bermanfaat meningkatkan daya ingat. Namun tentu saja hal ini tidak berarti setiap orang dianjurkan untuk minum teh sebanyak banyaknya. Jika mau minum minum saja lah teh dalam jumlah yang wajar.

Sumber: Majalah Ummi




0 komentar:

Posting Komentar

Macam Macam Teh, Apa Keistimewaannya?