Berbagi tulisan bermanfaat yang pernah ku baca

Kotoran Pada Kulit Bayi



Kotoran pada kulit bayi

Dokter Dewi Inong yang baik, saya seorang ibu saat ini saya mempunyai bayi yang berusia sekitar 4 bulan. Awalnya pada bagian kepala bayi saya terlihat warna kehitaman seperti kotoran keringat. Untuk membersihkan, saya beri baby oil di sekitar kotoran, kemudian dengan kapas saya bersihkan. Besoknya bekas bagian yang saya berikan terlihat lebih seperti bekas koreng. 

Saya tidak memberikan obat untuk luka tersebut. Saya diamkan saja paling kalau mandi saya bersihkan dengan air. Sekarang luka tersebut mengering sendiri walaupun belum semua. Apakah itu alergi atau suatu penyakit? Salah satu telinga anak saya jika dibersihkan dengan baby oil besoknya akan basah dan seperti ada cairan pada seluruh bagian daun telinga bagian dalam dan berbau dan bila mengering sekitar daun telinga terasa kasar berwarna putih. Tetapi jika saya bersihkan dengan air besoknya kering tidak berair atau mengelupas. Saya pikir itu alergi tetapi kok hanya pada bagian tertentu karena hampir setiap hari sebelum dimandikan bayi saya urut dengan mengoles baby oil pada tubuh dan muka nya.

Jawaban:

Ibu Elis yang baik, nampaknya bayi ibu menderita kelainan dermatitis seboroik atau credit atau eksim kulit berminyak. Penyakit ini menurut penelitian adalah penyakit yang diturunkan. Umumnya memang muncul pada bayi yang baru lahir karena rangsangan hormon androgen ibu yang masuk ke peredaran darah bayi selama berada di dalam perut ibu. Insya Allah semakin bertambah usia bayi hormon androgen ibu tersebut akan makin berkurang jumlahnya dan menghilang.
Biasanya sekitar usia 6 bulan penyakit ini akan sembuh dengan sendirinya. Setelah dewasa mungkin dermatitis seboroik akan  kambuh umumnya terjadi pada usia 18 sampai 40 tahun di daerah kulit kepala, liang telinga, alis mata, garis senyum, lipat paha, bahu, punggung atas, dan bawah payudara.

Yang paling penting dilakukan saat ini adalah menjaga kebersihan kulit kepala jangan sampai terjadi infeksi tumpangan oleh bakteri jamur atau virus yang bisa membahayakan kesehatan bayi. Secara keseluruhan yang ibu lakukan sudah betul. Bboleh mengoleskan baby oil atau lebih baik lagi minyak kelapa yang dibuat sendiri atau minyak klentik dalam bahasa jawa, pada kulit kepala pada malam hari dan pada pagi harinya di keramas dengan shampoo bayi yang lembut dan disisir pelan pelan supaya sisik lepas.
Tapi ibu dianjurkan segera membawa bayi ke dokter spesialis kulit dan kelamin. Bila ada tanda infeksi yang timbul yaitu timbul luka dan bernanah bau busuk apalagi bila disertai bayi demam dan rewel dokter akan memberikan antibiotik dan anti radang untuk diminum bayi dan krim oles yang mengandung bahan bahan yang mengurangi aktivitas kelenjar lemak kulit kepala.


Selamat menikmati kebahagiaan menjadi ibu




0 komentar:

Posting Komentar

Kotoran Pada Kulit Bayi