Berbagi tulisan bermanfaat yang pernah ku baca

Kandungan Rokok dan Bahayanya.

bahaya rokok dan kandungannya


Bila sebatang rokok dibakar akan terurailah sekitar 4.000 jenis senyawa kimia. Secara sederhana, seluruh zat tersebut dikelompokkan dalam tiga komponen utama yaitu nikotin, tar dan karbon monoksida atau co2.  Yang disebutkan pertama adalah partikel padat, dan yang terakhir mewakili kelompok nikotin, terkandung zat aditiktif, sehingga inilah yang membuat orang menjadi kecanduan dan akhirnya tidak lagi dapat melepaskan diri dari kebiasaan merokok.

Nikotin itu sendiri adalah racun yang sangat mematikan. Dua tetes nikotin murni dapat membunuh orang dewasa yang menelannya. Gabungan dari sekian banyak zat adiktif inilah, sedikitnya 25 jenis zat bersifat karsinogenik atau menyebabkan kanker otak. Naphthylamine yang dikandungnya adalah salah satu bahan untuk membuat cat, naftalena digunakan untuk membuat aki polonium 210 atau bahan baku plastik pvc yang dipakai dalam pembuatan pipa paralon. Yang disebutkan terakhir ini digunakan untuk membuat filter rokok yang selama ini orang menganggapnya terbuat dari gabus atau busa.

Zat  yang ada dalam kelompok inilah yang bertanggung jawab atas tumbuhnya sel sel kanker pada tubuh seorang. Karbon monoksida  adalah gas buangan atau sisa pembakaran, artinya gas yang keluar dari pembakaran rokok kemudian terhisap oleh perokoknya adalah sama dengan gas yang keluar dari knalpot kendaraan bermotor atau cerobong asap pabrik.

Karakteristik khusus gas ini adalah mempunyai afinitas atau daya gabung yang sangat kuat terhadap hemoglobin darah sehingga mampu menyingkirkan oksigen yang penting untuk manusia agar bertahan hidup. Hampir tak ada manusia yang dapat bertahan hidup lebih dari 5 menit tanpa oksigen. Semakin banyak rokok yang dihisap oleh seseorang akan membuat semakin banyak oksigen yang tereliminasi dari tubuh orang tersebut dan ini bisa berakibat fatal.Tidak kurang dari penyakit stroke, serangan jantung dan penyakit pembuluh dara diakibatkan oleh oksigenasi yang buruk pada tubuh seseorang.

Selain karbon monoksida, di dalam kelompok ini terdapat pula hidrogen sianida, gas dengan lambang bahan kimia HCN ini sama dengan gas beracun yang dipakai oleh tentara nazi pada zaman perang dunia II untuk membunuh orang yahudi melalui eksekusi di kamar.

ada pilihan lain bagi kita kecuali segera memikirkan cara hidup yang lebih sehat agar kita dapat lebih menikmati hidup dan menikmati indahnya beribadah kepada Allah subhanahu wa ta'ala. Salah satunya dengan mulai memikirkan bagaimana bisa hidup tanpa gangguan asap rokok.

Ditulis oleh Fuad Baradja, anggota pada lembaga menanggulangi masalah merokok atau lm-3, Jakarta




0 komentar:

Posting Komentar

Kandungan Rokok dan Bahayanya.