Berbagi tulisan bermanfaat yang pernah ku baca

Cara Tepat Mengatasi Keloid

Waktu SD saya di suntik anti cacar tapi bekasnya di lengan atas sebelah kanan terasa gatal. Semakin membesar dan melebar , berwarna kemerahan. Ketika di SMA saya periksakan dan disuntik di bagian yang membesar itu. Setelah hampir 25 kali suntikan, keloid kempis dan rasa gatal nya berkurang, namun  keloid tersebut kembali tumbuh subur saat saya hamil. Sebenarnya apa sih keloid itu? Berbahayakah? Dapat hilang atau tidak?

jawaban

cara tepat mengatasi keloid

Keloid adalah benjolan yang terdiri dari jaringan ikat kulit atau kolagen. Timbul setelah luka kulit yang cukup dalam misalnya suntikan, luka sobek, luka bakar, vaksinasi, luka bedah atau penyakit radang kulit seperti jerawat, gigitan serangga dan bisul. Daerah kulit yang paling disenangi keloid antara lain dada, punggung, bahu, telinga, rahang.
Pada kulit yang terluka biasanya akan segera tumbuh jaringan ikat baru sehingga kulit menjadi normal lagi, tapi pada penderita keloid, jaringan itu tumbuh berlebihan, melebihi batas normal. Keloid umumnya terasa gatal, nyeri dan berwarna lebih gelap atau lebih terang dari kulit sekitarnya. Karena kulit arinya lebih tipis daripada kulit normal, maka pembuluh darah terlihat. Cepatnya pertumbuhan keloid dipicu oleh berbagai keadaan, misalnya perubahan hormon terutama kehamilan.
Sebenarnya keloid tidak berbahaya bagi kesehatan tubuh. Tapi rasa sakit dan gatal nya terkadang sangat parah sehingga mengganggu kegiatan sehari hari penderita apalagi kalau jumlah nya banyak atau berukuran besar.
Keloid tidak dapat dihilangkan secara total. Hanya dapat dihentikan tumbuh dan dikempiskan hingga rata dengan kulit sekitar. Operasi tidak bisa menghilangkan keloid, karena pada bekas luka bedah akan tumbuh keloid lagi, bahkan bisa lebih besar. Pengobatan dengan sinar laser hasilnya kurang baik, biayanya pun mahal. Menghilangkan keloid dengan krim, silicon lunak yang ditempelkan, juga tidak memuaskan. Krim oles ini kadang diberikan dokter untuk membantu saja, tidak menghilangkan keloid.
Sampai saat ini, pengobatan terbaik untuk keloid adalah dengan suntikan langsung obat corticosteroid kedalam keloid, yang harus dilakukan berkali kali oleh dokter ahli. Penyuntikan sebaiknya dilakukan teratur setiap minggu sekali. Jika keloid nya sudah mulai jinak jarak suntikan bisa diperpanjang sampai akhirnya dihentikan. Kalau suntikan jarang dilakukan atau ada jeda, maka pengobatannya akan percuma saja.
Pengalaman saya, pasien penderita keloid yang berhasil mengatasi keloidnya adalah mereka yang tekun dan teratur disuntik. Pada tiga sampai empat kali suntikan pertama terasa nyeri dan gatal, kemudian akan berkurang dan menghilang. Hasil akhirnya kulit menjadi rata dengan kulit sekitar dan tidak tumbuh lagi, meskipun warna dan tekstur nya tetap dan tidak berubah . anjuran saya , sebaiknya berobat ke dokter spesialis kulit sampai tuntas


Sumber:Majalah Ummi edisi 12 tahun 2005




0 komentar:

Posting Komentar

Cara Tepat Mengatasi Keloid