Berbagi tulisan bermanfaat yang pernah ku baca

Wanita Shalat Jumat

Wanita Shalat Jumat

Saya pernah ikut shalat Jumat di masjid kampus, setahu saya jamaah shalat Jumat di larang nabi saw untuk berbicara ketika sedang khutbah, fenomena yang saya perhatikan, teman teman memang tidak ngobrol, tapi asyik sms-an ketika khutbah Jumat, bagaimana menurut ibu? Kalau saya sudah sholat Jumat tidak perlu sholat sholat dzuhur lagi kan?
Jawaban

Anda benar apabila seorang wanita ikut shalat Jumat maka ia tidak perlu lagi melakukan sholat dzuhur, karena para sahabat juga pernah melakukannya bersama nabi saw seperti yang diriwayatkan al Hasan al bashri: ‘dahulu para wanita melakukan shalat jum'at bersama Rasulullah saw’.
Ada yang sms an ketika mendengar sholat Jumat, jika begitu harus ada evaluasi dalam hal ini, baik hatinya ataupun jamaah jum'at nya. Untuk sang khotib dalam berkhotbah dapat mencontoh Rasulullah saw, bagaimana menyampaikan pesan-pesan Rabbani dengan serius tapi tidak bikin ngantuk, namun juga tidak bergurau dalam khutbahnya, seperti riwayat jabir bin abdullah berkata: ‘Rasulullah saw berkotbah, matanya merah, suaranya meninggi, dan semangatnya menyala nyala, seakan akan Beliau sedang memberi komando kepada pasukan perang’ hadits riwayat muslim. Artinya yang Beliau shallallahu alaihi wa sallam lakukan adalah membangkitkan semangat para jamaah Jumat dan memasukkan nilai nilai keimanan seseorang agar semakin bertambah, tidak ada tempat untuk bercanda dalam khutbah Jumat, sebab canda dan tawa tidak dapat mendekatkan seseorang kepada Allah. Rasulullah saw berkotbah sampai membuat para sahabat menangis dan bergetar hatinya. Ini dari sisi yang tentu saja dapat menambah kekuatan dan konsentrasi para jamaah Jumat untuk mendengarkannya sehingga tidak ada lagi yang iseng sms. Namun dari sisi jamaah jum'at juga perlu evaluasi, terutama ketika mendengarkan kotbah yang tidak menarik, bahwa mendengarkan khutbah itu wajib hukumnya, bahkan ia tidak dibenarkan untuk menegur orang lain yang sedang berbicara, sabda Rasulullah saw :’apabila kamu mengatakan kepada kawanmu diamlah, pada saat imam sedang berkhutbah maka berarti kamu telah bermain main’. Dengan kata lain jangan sampai terjadi, konsenterasi para jamaah teralihkan kepada perbuatan perbuatan lain yang dapat mengganggu mereka dari mendengarkan isi khutbah tersebut, termasuk ber sms-an.


Sumber majalah ummi edisi juni 2005




0 komentar:

Posting Komentar

Wanita Shalat Jumat