Berbagi tulisan bermanfaat yang pernah ku baca

Berziarah ke Kuburan Non Muslim

Berziarah ke Kuburan Non Muslim

Dulu saya pernah tinggal beberapa tahun dengan saudara saya yang non muslim, yaitu tante dimana sekarang dia sudah meninggal. Apakah saya boleh menziarahi kuburnya? kalau boleh, apa yang mestinya saya lakukan di sana? Apakah ada doa tertentu yang mesti dibaca ketika ziarah ke kuburan non muslim? Terimakasih atas jawabannya.
Jawaban
Tidak ada nash yang melarang seorang muslim menziarahi kuburan non muslim. Abu hurairah ra pernah meriwayatkan dari imam muslim bahwa Rasulullah saw pernah berziarah ke kuburan ibunya, ibu Beliau adalah Aminah, meninggal sebelum Beliau saw diutus menjadi Rasul bahkan Beliau saw menangis dan orang orang yang ada di sekitar Beliau pun turut menangis, Beliau saw pun bersabda :’Aku meminta izin kepada Robbku agar dapat memohonkan ampun untuk ibuku, namun Dia tidak mengizinkannya, lalu aku minta izin untuk menziarahi kuburnya, dan Dia memberiku izin, maka ziarahi lah kuburan karena hal itu akan mengingatkan kepada kematian’. Hadist riwayat muslim Ibnu Majah.
Dalam berziarah ke kuburan non muslim yang perlu kita perhatikan adalah tidak mengucapkan salam kepada mereka dan tidak mendoakan mereka. Untuk berziarah ke kuburan muslim ada
 doa yang diajarkan nabi saw, yaitu memberi salam yang berupa doa dan permohonan rahmat bagi mereka yang artinya semoga kesejahteraan, kedamaian dilimpahkan atas kamu sekalian wahai penghuni kubur dari kaum mukminin dan kaum muslimin dan kami insya Allah akan menyusul kalian, kami memohon afiah keselamatan kepada Allah bagi kami dan kalian semua.

Sumber: Majalah ummi 2005




0 komentar:

Posting Komentar

Berziarah ke Kuburan Non Muslim