Berbagi tulisan bermanfaat yang pernah ku baca

Adab Minum Dalam Islam.



Adab Minum Dalam Islam.


Saya sering ditegur oleh teman teman ketika saya minum sambil berdiri, mereka mengingatkan bahwa sunnah nabi itu kalau minum harus duduk, saya pikir kalau memang ada tempat duduk tidak ada masalah, namun masak saya harus jongkok di tempat umum bila tidak menemukan tempat duduk, hanya untuk minum sebotol teh saja. Tolong penjelasannya ya bu, bukan berarti saya tidak mau mengikuti sunnah nabi, saya hanya ingin kejelasannya saja.

Jawaban

Kebiasaan Rasulullah melakukan ketika makan dan minum adalah dengan posisi duduk tentu saja ini kebiasaan yang lebih utama, bahkan Beliau pernah melarang umatnya untuk minum dengan berdiri sebagaimana hadits menurut Anas bin Malik dalam riwayat Imam Muslim: bahwa sesungguhnya nabi saw melarang seseorang minum dengan berdiri
Namun ini bukan berarti Beliau saw tidak pernah minum dengan posisi berdiri. Sebab ada beberapa hadis lain yang menjelaskannya, seperti dalam riwayat Imam Bukhari, Ibnu Abbas berkata: ‘aku pernah memberi minum air zam zam kepada nabi saw, dan Beliau minum dengan berdiri’.
Dalam riwayat at tirmidzi, seorang sahabat bahkan pernah melihat Rasulullah saw minum sambil duduk dan berdiri. Artinya minum dengan posisi duduk atau berdiri kedua duanya pernah dilakukan oleh Rasulullah saw, dan tentu bukan berarti kedua hadis tersebut bertentangan. Sebagian ulama menjelaskan bahwa larangan nabi saw untuk minum dengan berdiri adalah bersifat umum, ini lebih utama dilakukan dan merupakan akhlak yang baik, namun tidak menutup kemungkinan untuk melakukannya dengan berdiri jika tidak memungkinkan untuk duduk. Jadi semuanya terpulang pada kondisi dan niat baik kita. Apabila memungkinkan untuk duduk kenapa tidak dilakukan. Namun apabila dalam keadaan terpaksa harus berdiri juga tidak salah. Yang terpenting dalam hal ini semua adalah keinginan dan tekad kita untuk senantiasa mengikuti semua sunnah nabi saw, sehingga dari sini muncullah kecintaan kepada Beliau saw. Bila terjadi perbedaan dalam memahami sunnahnya, jangan sampai terjadi pula perselisihan diantara kita umatnya.


Sumber majalah ummi edisi juli 2005




0 komentar:

Posting Komentar

Adab Minum Dalam Islam.