Berbagi tulisan bermanfaat yang pernah ku baca

Mencegah Kerapuhan Tulang Dengan Olahraga Teratur


 Mencegah Kerapuhan Tulang Dengan Olahraga Teratur


 Kerapuhan tulang bisa ditangkal dengan olahraga teratur. Sesuaikan dosis dan jenis latihan dengan kebutuhan dan usia kita

 Banyak orang mengganggap bahwa olahraga adalah aktivitas yang sangat sulit untuk dijalankan. Dari yang beralasan sibuk sampai yang mengatakan tidak ada tempat untuk berolahraga padahal aktivitas fisik perminggu yang direkomendasikan untuk orang dewasa sehat dalam rangka memelihara kesehatan dan kebugaran meliputi 3-5 hari latihan aerobik, 2- 3 sesi latihan kekuatan, dan 2-3 sesi latihan kelenturan.

Beragam alasan boleh saja ada tapi, bila kita punya motivasi yang kuat, pasti punya salah raga teratur bisa terwujud. Banyak manfaat yang diperoleh tubuh dengan berolahraga. Selain menjadikan tubuh bugar selama olahraga juga bisa meningkatkan derajat kesehatan.dengan melakukan olahraga secara rutin dapat menghindarkan penyakit penyakit tidak menular serta mengendalikannya. Singkatnya, olahraga mempunyai peran penting bagi perjalanan penyakit metabolik.

 Naik dan turunnya massa tulang ditinjau dari sisi kesehatan, laki laki dan perempuan memperoleh manfaat yang samadari berolahraga. Lebih khusus olahraga sangat perlu bagi kaum perempuan karena terkait dengan massa tulang.

 Secara alami, massa tulang akan mengalami peningkatan yang kemudian diikuti dengan penurunan. Tetapi pada perempuan naik turunnya massa tulang ini terjadi sangat cepat,laki laki tidak demikian mengapa begitu?

 Masa tulang dipengaruhi oleh hormon perempuan, yaitu estrogen. Begitu perempuan mengalami menopause pengaruh hormon itu hilang., itulah yang akan mempercepat terjadinya kehilangan massa tulang pada perempuan.

 Olahraga mempunyai peran penting di sini, yaitu dapat meningkatkan massa tulang dengan lebih cepat dan juga mengendalikannya sehingga tidak mengalami kerapuhan atau turun dengan tajam.

 Pada perempuan, massa tulang akan mengalami kenaikan sampai umur 25 tahun kemudian mencapai puncaknya antara usia 25 sampai 35 tahun setelah usia 35 tahun dengan alamiah massa tulang akan menurun karena itu, jika ingin mendapatkan kepadatan tulang yang lebih tinggi lakukan olahraga dengan teratur sedini mungkin sebelum usia 35 tahundengan masa menabung tulang.

 Bila tabungan kurang banyak kepadatan tulang nya tinggi, maka pada saat penurunan tabungan itu tidak sampai habis apalagi, bila pada masa penurunan tetap terus berolahraga meskipun akan tetap turun namun penurunan yang terjadi tidak akan curam tetapi landai.

 Atas dasar itu dianjurkan seorang perempuan secara khusus memperhitungkan olahraganya, adalah hal hal yang bisa bermanfaat untuk menabung tulang. Bagaimana caranya? Pertama, memelihara kebugaran secara umum, aktif dan latihan aerobik. Secara khusus tulang itu akan menjadi lebih padat kalau dia diberi beban. Olahraga yang dianjurkan adalah olahraga yang memang memberi pembebanan terhadap tulang.

 Pertanyaan selanjutnya adalah bagian  tulang yang mana yang mau diselamatkan tanda tangan yang paling berpotensi menjadi masalah itu adalah tulang punggung dan tulang paha karenanya perempuan harus rajin berjalan karena itu beban pada tulang. Baik dari benturannya maupun dari kerja otot di sekitar tulang tersebut.

 Selain itu nama kegiatan jalan juga memperbaiki kemampuan daya tahan jantung dan paru paru jadi dua duanya memberi manfaat buat tulang. Tetapi karena kondisi tertentu tidak semua orang bisa lari jalan adalah yang paling umum dan bisa dilakukan oleh semua orang

 Olahraga saja juga tidak cukup.  Meningkatkan massa tulang dalam usaha menabung tulang itu juga harus dibarengi dengan index kalsiumnya dan zat lain yang bisa memasukkan kalsium ke dalam tulang. 

Frekuensi,  intensity  , type, time
 Ada dua kelompok besar olahraga yang pengelompokannya dibuat sesuai dengan manfaat latihannyadetik kelompok pertama, olahraga yang melatih ketahanan jantung dan paru paru. Ini biasanya disebut olahraga endurance ( daya tahan tubuh). Contoh paling gampang adalah senam aerobik, jogging, dan jalan kaki.  Latihan latihan termasuk kategori endurance karena membakar kalori dengan disertai peningkatan aktivitas jantung memompa darah,  aktivitas paru paru menyuplai oksigen. Kelompok kedua, olahraga yang melatih otot otot tertentu. Biasanya dikenalkan sebagai  strength training. Contohnya, latihan mengangkat dumbell. Fokus latihan ini otot otot lengan.

 Olahraga yang bagaimana yang bisa memberi dampak kesehatan? Ada 4 hal yang harus diperhatikan dalam berolahraga, yaitu frekuensi, intensitas, jenis dan waktu.

 Secara umum aturan kekerapan latihan itu dianjurkan 3-5 kali seminggu  para perempuan. Kenapa tidak mulai dari sekarang? Untuk mendapat manfaat kebugaran jantung dan paru, latihan yang dianjurkan adalah bentuk latihan aerobik yang lamanya sekitar 30 menit. Dengan latihan seperti itu, dalam waktu setidaknya 3 bulan, seseorang bisa mendapat manfaat kebugaran jantung dan paru. Kebugaran jantung dan paru juga diperoleh antara lain karena metabolisme dalam tubuhnya itu mengalami adaptasi sehingga lebih mampu menggunakan lemak sebagai sumber energi.

 Bila keadaannya sudah demikian, maka untuk kegiatan olahraga dia akan lebih banyak memakai lemak dalam tubuhnya sebagai sumber energi utama sehingga lemak akan berkurang, termasuk lemak dibawah kulit yang sering jadi masalah bagi penampilan perempuan.

 Jika latihannya tidak memenuhi syarat misalnya waktunya  pendek pendek, seminggu sekali atau bahkan tidak sama sekali, dia akan sangat berat mencapai manfaat yang sudah disebutkan.

Olahraga yang teratur dengan waktu yang cukup semestinya memang menjadi agenda wajib 

 Sumber ummi edisi juni 2008.




0 komentar:

Posting Komentar

Mencegah Kerapuhan Tulang Dengan Olahraga Teratur