Berbagi tulisan bermanfaat yang pernah ku baca

Sujud Syukur Dan Doa Sujud Ketika Sholat

Sujud Syukur Dan Doa Sujud Ketika Sholat

1. Bagaimana tata cara sujud syukur? apa harus menutup aurat, menghadap kiblat dan dalam keadaan suci?
2. Jika memperpanjang sujud dalam sholat, doa apa saja yang sebaiknya kita baca?

 Jawaban:
1. Sujud syukur merupakan ungkapan rasa syukur seorang hamba kepada Allah  swt, yang telah memberikan berbagai nikmat yang tidak dapat terhitung banyaknya atau ketika terhindar dari malapetaka yang membahayakan dirinya.
 Dalam sebuah hadis diriwayatkan bahwa Rasulullah saw apabila mendapatkan sesuatu yang menggembirakan atau berita baik mengenai dirinya, Beliau langsung bersujud sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah.
 Bisa dilakukan berkaitan dengan kepentingan orang tersebut ataupun kepentingan seluruh kaum muslimin. Bacaan yang dibaca ketika sujud syukur tidak disebutkan dalam beberapa hadis yang ada. Pelaksanaannya sama dengan syarat yang diberlakukan untuk melakukan sujud tilawah antara lain seperti bersuci, menutup aurat dan menghadap kiblat.

 2. Rasulullah saw menganjurkan kita untuk memperbanyak do'a  ketika sujud sebagaimana sabda Beliau saw dalam hadits shahih riwayat imam muslim: saat yang paling tepat bagi seorang hamba dengan robbnya ialah  ketika sujud, maka hendaklah kamu memperbanyak doa ketika sujud.
 Beliau saw juga bersabda: ketahuilah bahwa saya dilarang membaca Al Quran di waktu ruku maupun sujud, maka waktu ruku hendak lah kamu membesarkan (mengagungkan) Allah  sedang di waktu sujud usahakanlah padanya berdoa dengan sungguh sungguh, karena besar kemungkinan akan dikabulkan.
 Ada beberapa hadits shahih yang menjelaskan tentang bacaan sujud yang pernah dilakukan Rasulullah saw di antaranya adalah:
 A. Hadis riwayat muslim dari ali ra bahwa Rasulullah saw bila sujud membaca doa yang artinya: ya Allah , aku sujud pada Mu, aku beriman pada Mu, aku serahkan diriku pada Mu, wajahku sujud ke hadirat yang telah menciptakannya maka dia elokan rupa bentuknya, dilengkapi nya dengan pendengaran dan penglihatan, maka berkah Allah  sebaik baik penciptaan
 B. Hadis riwayat muslim dari abu hurairah yang artinya: ya Allah , ampunilah dosaku semuanya baik yang kecil maupun yang besar, yang mula pertama dan yang terakhir nya, yang nyata dan yang tersembunyi
 C. hadis riwayat muslim dari aisyah ra: ya Allah  aku berlindung dengan keridhaan Mu dari amarah murka, dengan memohon ampun dari azab siksa Mu, aku berlindung pada Mu, tidaklah terhitung pujianku kepada Mu, engkau adalah sebagaimana dipuji oleh diri Mu sendiri.

Sumber: ummi edisi 2005






0 komentar:

Posting Komentar

Sujud Syukur Dan Doa Sujud Ketika Sholat