Berbagi tulisan bermanfaat yang pernah ku baca

Cara Membuat Teh Kombucha



Cara Membuat Teh Kombucha

 Pak sugiono, saya mendapat informasi tentang khasiat Teh Kombucha dari seorang teman. Menurutnya,  jenis minuman ini dapat mengobati berbagai macam penyakit. Sumber lain juga mengatakan bahwa dihasilkan melalui proses fermentasi yang menggunakan acetobacter xylinum yang menghasilkan alkohol. Apa sebenarnya itu dan bagaimana status kehalalan nya?

 Jawaban 
 Teh Kombucha merupakan minuman hasil fermentasi larutan teh dan gula dengan menggunakan mikroba Kombucha.Teh Kombucha disebut juga teh Dipo atau teh Jamur Manchurian. Minuman ini sudah sangat lama dikonsumsi manusia diperkirakan minuman ini berasal dari Manchuria, Cina yang kemudian menyebar hingga ke Timur Tengah, Jerman, Polondia, Jepang, hingga Rusia. Ada yang menggolongkan Teh Kombucha sebagai minuman probiotik ( minuman kesehatan yang mengandung bakteri hidup ). Minuman ini cukup populer di negara negara asia.

  Minuman ini sering disebut memiliki  khasiat menyembuhkan berbagai penyakit antara lain mengatasi nyeri sendi, nyeri haid, keputihan normal ambeien, osteoporosis, hipertensi, diabetes, asam urat , mengobati sembelit, melawan arteriosklerosis, hingga tumor dan kanker. Namun, khasiat Teh Kombucha ini cenderung berlebihan, karena masih diperlukan penelitian ilmiah lebih lanjut. Lembaga kesehatan resmi juga belum menyatakan Teh Kombucha ini sebagai obat.

 Sampai saat ini, konsumsi Teh Kombucha masih dianggap aman. Konsumsi Teh Kombucha dalam jumlah yang wajar tidak menyebabkan seseorang kehilangan akal. Dengan demikian,tidak tergolong khamar, dan statusnya halal.

 Teh Kombucha dapat dibuat sendiri dengan mudah dan murah. Langkah pembuatannya sebagai berikut:  Sebanyak 10 sampai 20 g teh hijau atau teh hitam dimasukkan ke dalam 1 liter air panas ( mendidih ) dalam stainless dan dibiarkan selama 10 menitd, saringlah tehnya untuk memisahkan teh dengan air seduhan. Ekstrak teh ditambah gula pasir sekitar 10 persen dari volume air seduhan.

 Setelah dilakukan penyaringan dan pencampuran, seduhan teh dituangkan kedalam toples gelas dengan permukaan yang luas dan kemudian ditutup dengan kain yang rapat, agar semut, lalat, nyamuk, debu, dan polutan lainnya tidak bisa masuk tetapi udara tetap bisa mengalir dengan bebas.

 Setelah itu, dinginkan teh sampai suhu ruang kemudian tambahkan bibit Kombucha ( berupa lapisan selulosa yang didalamnya mengandung mikroba Kombucha, dapat dibeli di toko ). Tutup kembali dengan kain atau kertas, kemudian simpan pada suhu ruang selama empat hingga 12 hari.

 Setiap kali selesai fermentasi pada saat pemisahan selalu disisakan 10 persen untuk keperluan pembuatan Teh Kombucha berikutnya. Tutup botol dengan rapat menggunakan kain.

 Dalam pembuatan Teh Kombucha ini, selama tahap fermentasi, terbentuk komponen berbagai asam dalam jumlah banyak dan sedikit alkohol. Komponen yang terbentuk itu, antara lain asam laktat, asam asetat, asam malat, asam glukonat, asam amino, enzim, dan vitamin. Komponen asam inilah yang membuat rasa asam pada Teh Kombucha.


 Sumber majalah ummi edisi juni 2008




0 komentar:

Posting Komentar

Cara Membuat Teh Kombucha