Berbagi tulisan bermanfaat yang pernah ku baca

Matahari adalah Bintang

Matahari adalah bintang

Kerlip bintang di malam yang gelap namun cerah memang tampak indah. Laksana cahaya lampion yang menghiasi gelapnya malam. namun , bintang sesungguhnya tidak hanya bersinar di waktu malam saja, Melainkan juga memancarkan cahayanya di sepanjang waktu baik pagi siang sore hingga malam. Hanya kondisi gelap dan terangnya bumi lah yang membuat kita terkadang dapat melihat cahaya bintang dan terkadang tidak dapat melihatnya. Namun apakah bintang sebenarnya?

Ditengah banyaknya benda langit yang bermacam macam jenisnya, benda langit yang menghasilkan cahaya sendiri dinamakan para ahli sebagai bintang. Sebuah bintang umumnya terdiri atas kumpulan gas dan zat zat lain yang terus menerus mengalami proses peleburan hingga menghasilkan energi panas yang sangat kuat, begitu kuatnya energi ini sehingga sebuah bintang mampu menghasilkan lidah lidah api dengan tingkat panas sangat tinggi yang bisa menerangi dan menghangatkan berbagai benda langit yang ada di sekitarnya

alah satu bintang yang kita kenal adalah matahari, yang lewat berbagai pengamatan diketahui merupakan benda langit berbentuk bola raksasa yang sebagian besar bahan pembentuknya adalah gas helium dan hidrogen yang terus menerus menghasilkan kawah api yang bergolak. Panas matahari diperkirakan mencapai tingkat 6000 derajat celcius, hingga bumi yang jaraknya sekitar 150 juta km dari matahari pun masih bisa menerima cahayanya dan merasakan panasnya. Benda benda langit yang tidak menghasilkan cahaya sendiri dan bergerak mengelilingi sang bintang disebut planet, benda langit yang mengitari planet disebut sebagai satelit. 

Ada pula benda benda langit lain yang disebut sebagai asteroid atau semacam debu langit, mereka semua bergerak teratur dalam lintasan masing masing namun dengan pusatnya tetap satu yaitu sang bintang. Para ahli astronomi juga meyakini ada bermilyar milyar bintang yang bertaburan di alam semesta ini. Masing masing pun agaknya memiliki planet planet, satelit, asteroid dan benda benda langit yang mengitarinya dan disebut sebagai galaksi. Bumi berada dalam galaksi bima sakti dengan matahari sebagai sang bintang, tempat bumi kita bergerak mengitari nya. Cahaya dan panas matahari sangat membantu kehidupan di bumi. Dengannya pepohonan dapat tumbuh, hingga hewan dan manusia dapat memperoleh makanan serta berkembang biak. Air pun dapat menjalani siklus menguap maupun menitik hujan. Sementara itu pergerakan bumi mengitari matahari pun menjadikan malam dan siang hadir silih berganti, menyediakan waktu beristirahat dan bekerja bagi manusia. 

Disaat sebagian bumi menghadap matahari dalam pergerakannya, sinar matahari yang menerangi bumi dengan begitu kuatnya membuat cahaya cahaya bintang lain yang letaknya sangat jauh pun terkalahkan. Namun ketika gelap malam telah tiba sinar bintang bintang dari berbagai penjuru alam semesta pun mampu tertangkap dari bumi kita. Hanya saja letaknya yang teramat sangat jauh hanya mampu menyajikan sedikit  saja cahaya yang bisa terlihat oleh mata kita. Lalu bagaimana bintang bisa nampak berkelap kelip? Jawabannya karena adanya lapisan udara dan awan yang terletak di sekeliling bumi, cahaya bintang bintang yang sampai ke bumi ini harus melewati lapisan demi lapisan atmosfer dan bahkan masih terhalang pula oleh selaput awan. Maka , sang cahaya pun kadang terlihat kadang tidak,  sehingga dalam sekejab terlihat seolah olah yang berkelap kelip di atas langit.

Jadi ingatlah bahwa ada banyak sekali bintang bintang laksana matahari matahari lain di jagat raya ini.


Sumber:Ummi edisi 12 tahun 2005




0 komentar:

Posting Komentar

Matahari adalah Bintang