Berbagi tulisan bermanfaat yang pernah ku baca

Sistem Tata Surya

sistem tata surya

Tata surya kita sangat kaya. Bumi kita ini sesungguhnya hanyalah salah satu dari berjuta juta planet yang ada di angkasa. Planet adalah benda langit yang tidak bersinar. Seumur hidupnya dia terus menerus bergerak mengelilingi matahari. Matahari adalah benda langit bersinar yang disebut sebagai bintang. Salah satu bintang terang itu dinamakan oleh para ilmuwan sebagai matahari dan ia kini diketahui dikelilingi oleh 8 planet termasuk bumi. 8 planet yang beredar mengelilingi matahari itu bila dilihat dari kejauhan nampak seperti sebuah kelompok benda langit dan dinamai oleh para ilmuwan sebagai sistem tata surya.

Kita mulai dengan planet yang paling dekat dengan matahari, namanya Merkurius. Planet Merkurius berukuran lebih kecil dari bumi tetapi sedikit lebih besar dari bulan. Planet ini nampak seperti bintang yang cerah jika dilihat dari bumi.
Planet kedua terdekat dengan matahari adalah planet venus. Di planet ini tidak mungkin ada kehidupan karena tidak ada oksigen yang diperlukan oleh makhluk hidup untuk bernafas.

Planet bumi tempat kita tinggal adalah planet ketiga dari matahari. Di bumi inilah manusia dan makhluk lainnya bisa hidup sebab disini tersedia segala zat penunjang kehidupan seperti air, oksigen, mineral, dan banyak lagi.

Planet ke 4 adalah Mars.  Menurut ilmuan, suatu ketika mungkin bisa dijadikan alternatif tempat tinggal manusia. Tapi kita harus menggunakan alat bantu pernafasan sebab tidak ada oksigen di sana. Seperti bulan yang setia mengelilingi bumi, phobos dan deimos,  2 satelit mars juga setia mengelilingi mars.

Planet kelima adalah jupiter. Planet ini jaraknya 700 juta kilometer dari matahari. Planet jupiter adalah planet terbesar di seluruh tata surya kita. Kalau di bumi siang dan malam cukup 24 jam, maka di jupiter hanya sembilan koma delapan jam lebih saja.

Setelah itu ada planet saturnus yang dikenal sebagai planet bercincin. Ada beribu ribu cincin yang mengelilingi planet ini. Sampai saat ini para ilmuan belum mengetahui cincin ini terbuat dari apa karena letaknya sangat jauh. Planet ini tidak terlalu nampak dari bumi planet ini juga mempunyai 19 satelit yang mengelilinginya

Planet uranus adalah planet ketujuh di tata surya kita. Bentuk planet ini mirip dengan bulan dengan permukaan hijau dan biru. Satelitnya ada lima, tak kalah banyak dengan saturnus.


Planet setelah saturnus adalah neptunus. Satelitnya hanya 5. Jaraknya pun cukup jauh dari matahari, untuk beredar mengelilingi matahari planet ini butuh waktu hampir 165 tahun bandingkan dengan bumi yang hanya butuh waktu 365 hari atau satu tahun untuk mengelilingi matahari. 




0 komentar:

Posting Komentar

Sistem Tata Surya