Berbagi tulisan bermanfaat yang pernah ku baca

Cara Membuat Susu Kedelai

Cara Membuat Susu Kedelai

 Susu kedelai merupakan ekstrak dari kedelai yang berbentuk minuman dengan penampakan berwarna putih seperti susu sapi. Cara pembuatan susu kedelai relatif murah dan dapat dikerjakan sendiri dirumah. Berikut ini adalah cara dan tahapan membuat susu kedelai tanpa menggunakan bahan kimia:
  1. Bersihkan kedelai dari kotoran dan biji yang rusak,  kemudian rendam kedelai itu dalam air selama 30 menit
  2. Tiriskan kedelai, kemudian rebus dalam air mendidih selama 30 menit.
  3. Pisahkan kulit kedelai dengan cara di remas remas, lalu cuci kedelai dengan air.
  4. Masukkan kedelai ke dalam blender, tambahkan air panas sebanyak dua kali berat kedelai awal. Setelah itu, hidupkan blender untuk menggiling kedelai sampai halus.
  5. Tuang hasil penggilingan blender ke dalam panci, masukkan air mendidih sebanyak 8 kali berat badan awal, kemudian aduk.
  6. Setelah diaduk, saringlah dengan menggunakan kain kasa, dan tampung sarinya dalam panci yang lain., sari inilah yang disebut susu kedelai.
  7. Sekarang, panaskan susu kedelai sampai mendidih. Jika ingin menambahkan gula, tambahkan gula pada susu kedelai didihkan. Bubuk coklat juga dapat ditambahkan pada saat susu kedelai didihkan.

 Jika ingin menambahkan essen, tambahkan essen setelah susu kedelai didihkan atau pada saat susu kedelai tidak terlalu panas.
 Setelah agak dingin, susu kedelai siap dikonsumsi.

 Dalam pembuatan susu kedelai, jumlah air keseluruhan yang digunakan untuk mengekstrak kedelai adalah 10 kali berat kedelai kering atau perbandingan antara kedelai dan air adalah 1:10. Sebagai contoh, kalau kedelai yang diolah adalah 200 gram, maka jumlah keseluruhan air untuk mengekstrak adalah 2 liter.  Jumlah air ini tidak termasuk air untuk merendam dan mencuci. Susu kedelai yang dihasilkan sebanyak sekitar 2 liter juga. Jumlah gula yang ditambahkan pada susu kedelai disesuaikan dengan selera. Jadi pada saat menambahkan gula, tambahkan gula sedikit demi sedikit sambil dicicipi apakah rasa manisnya sudah cukup. Biasanya, secara umum, rasa manis terasa nyata kalau jumlah gulanya sudah 7 sampai 15 persen. Jadi kalau susu kedelainya 2 liter, maka yang perlu ditambahkan sebanyak 140 sampai 300 gram.
Seperti halnya susu sapi yang terbuka, tidak tahan lama kalau disimpan di suhu ruang. Agar tahan lama, susu kedelai sebaiknya disimpan di dalam lemari es.

 Memanfaatkan ampas kedelai
 Ampas susu kedelai sama dengan ampas tahu. Ampas susu kedelai dapat dibuat menjadi oncom atau tempe gembus. Cara membuat oncom atau tempe gembus adalah sebagai berikut: ampas susu kedelai dikukus kemudian dicetak (biasanya bentuk kotak) dan didinginkan setelah agak dingin, tambahkan hancuran oncom atau tempe gembus yang sudah jadi lalu dibiarkan beberapa hari sampai tumbuh jamurnya.

 Nilai gizi
 Cara pembuatan susu kedelai seperti diatas akan menghasilkan susu kedelai dengan kadar protein sekitar tiga persen dan kadar lemak juga sekitar 3 persen. Susu kedelai dapat digunakan sebagai pengganti susu sapi bagi orang yang tidak suka susu sapi atau yang alergi susu sapi (jika dapat diare ketika mengkonsumsi laktosa susu sapi). Jika ingin memberikan susu kedelai kepada anak balita (usia 1 sampai 5 tahun), sebaiknya diberikan secara bertahap sedikit demi sedikit.
 Yang sering menjadi masalah pada susu kedelai adalah adanya bau langu dan terbentuknya endapan. Namun, dengan cara pembuatan seperti di atas, bau langu relatif dapat dikurangi. Untuk menguranginya terjadi endapan, dapat ditambahkan pengental pada saat susu kedelai.

Sumber: ummi edisi 2005




0 komentar:

Posting Komentar

Cara Membuat Susu Kedelai