Berbagi tulisan bermanfaat yang pernah ku baca

Cara Menaksir Jumlah Lemak Tubuh

Cara Menaksir Jumlah Lemak Tubuh


 Massa tubuh kita  terdiri atas sebagian lemak, sebagian otot tak berlemak, dan sebagian lagi berupa air. Tentunya bagian lemak itulah yang mengandung bobot untuk kita kurangi. Oleh karena itu berusaha keras antara niat makan secara sehat serta berolahraga secukupnya dengan memerangi godaan untuk memenuhi kegemaran makan secara berlebihan serta bermalas malasan harus kita jalani.

  Untuk mengetahui persentase lemak tubuh dan mengukur jumlahnya ternyata tidak semudah berdiri diatas timbangan badan. Akan tetapi, sedikitnya ada enam metode mengukur jumlah lemak yang dapat dijalani untuk keperluan di ruang praktek dokter atau klub kesehatan.

 Menganalisis masa kini memanfaatkan bermacam macam teknik yang canggih dan dapat dipasangkan pada komputer, sehingga memperoleh informasi yang akurat. Berikut adalah 6 metode mengetahui jumlah lemak dalam tubuh. Namun yang akan dibahas disini hanya empat metode yang umum digunakan, yaitu:

 Metode daya tampung air
 Metode daya tampung air, walaupun sudah tua dan tergolong paling tidak praktis, tapi masih merupakan salah satu teknik yang akurat.
 Teknik ini dikenal juga sebagai hidrostatik weighing yaitu mengandalkan pada kenyataan bobot jaringan tidak berlemak lebih besar daripada jaringan berlemak, dan dengan menggunakan rumus sederhana untuk membandingkan berat badan diatas tanah dengan berat badan di dalam air.
 Pada prosedur ini yang bersangkutan mengenakan pakaian mandi dan sabuk yang dibebani, kemudian duduk atau berlutut pada kursi tergantung di dalam sebuah tangki air plastik, kemudian orang tersebut mencelupkan kepala sambil mengeluarkan semua udara dari paru paru supaya bobotnya tidak luput dari kalkulasi.
 Biasanya  akan dilakukan paling sedikit 3 kali pengukuran. Angka rata rata kemudian dibandingkan dengan berat badan di atas tanah. Setelah itu barulah dihitung persentase lemak tubuh dengan menggunakan rumus tertentu.

  Metodel lengkung lipat kulit
 Teknik ini akan mengingatkan kita akan pemeriksaan  “ pinch an inch “, karena konsepnya hampir sama, yaitu penaksiran jumlah lemak tubuh berdasarkan pada berapa banyak kulit pada perut, punggung, paha, atau lengan bagian atas yang dapat dicengkeram oleh alat yang disebut jangka lengkung lipat kulit

 Teori yang digunakan pada teknik ini adalah kuantitas lemak persis di bawah permukaan kulit pada daerah daerah yang disebutkan. Jumlah kulit  tersebut proporsional dengan jumlah lemak tubuh.
 Metode ini hampir akurat. Prosedur yang tepat dan baik  dapat memiliki akurasi hingga tiga persen lebih baik dibandingkan  metode daya tampung air. Seseorang dapat menjalani pemeriksaan dengan metode ini atau melakukannya  sendiri di rumah, karena biayanya murah atau bahkan tidak memerlukan biaya

 Pemeriksaan darah
 Perbedaan kimiawi antara jaringan berlemak dan jaringan tidak berlemak dapat diukur dalam darah dengan menggunakan Oksigen denterium ( air yang mengandung atom yang lebih berat ), yaitu  bahan kimia yang tidak berbahaya disuntikkan melalui urat pembuluh darah ( karena dapat larut dengan air ), bahan kimia ini dapat menyebar  ke dalam jaringan tidak berlemak tetapi tidak tersebar ke dalam lemak. Setengah jam kemudian contoh  ( sample ) darah diambil.
 Jika hasilnya lebih banyak air yang terdapat pada zat yang disuntikan, berarti lebih banyak jaringan tidak berlemak yang dimiliki dan tentu saja mengindikasikan bahwa jumlah lemak dalam tubuhlebih sedikit. Prosedur ini hanya dapat dijalani dengan bimbingan dan prosedur seorang dokter atau pada pemeriksaan dilaboratorium.

 Usik listrik
 Aliran listrik lebih mudah mengalir melalui jaringan tidak berlemak daripada melalui lemak. Dengan mengalirkan arus listrik lemah melalui elektroda yang dipasangkan pada tangan dan kaki, pemeriksa dapat memperoleh persentase lemak tubuh. Selain di ruang dokter praktek, metode usik listrik untuk mengukur jumlah lemak pada tubuh seseorang ini  juga biasanya ditawarkan di tempat pemandian air panas yang cukup bergengsi. Pemeriksaan ini memiliki ketepatan tidak lebih dari 1 persen pemeriksaan dengan menggunakan metode daya tampung air


  Itulah metode metode yang biasa digunakan untuk  mengetahui jumlah lemak pada tubuh seseorang.Anda tertarik?




0 komentar:

Posting Komentar

Cara Menaksir Jumlah Lemak Tubuh