Berbagi tulisan bermanfaat yang pernah ku baca

Bahaya Menguruskan Badan Dengan Obat Obatan



Bahaya Menguruskan Badan Dengan Obat Obatan

 Berbahayakah menguruskan badan dengan obat obatan? pertanyaan ini banyak muncul ketika beberapa artis terkenal meninggal dunia, dalam rangka usahanya menguruskan badan dengan menelan banyak obat obat pengurus badan yang tidak tertahankan oleh jantungnya.

 Kelebihan bobot memang mengganggu dan melelahkan, tapi untuk menghilangkan bobot badan yang berlebihan bukan berarti harus mempertaruhkan kesehatan atau bahkan nyawa. Bobot badan harus diturunkan perlahan lahan, bukan dengan diet yang drastis. Pola makan yang tidak sehat seperti : kalau hari ini hanya makan pisang saja, besoknya makan nasi saja, lusanya makan sayuran saja. Ini tentu saja tidak tepat. Hal ini karena sel sel tubuh kita diperbaharui terus menerus. Untuk memperbarui sel sel otak, otot, ginjal, hati, dan sebagainya diperlukan protein hewani.  Sel sel juga memerlukan kalsium,  besi,vitamin vitamin. Bagaimana sel sel itu diperbaharui kalau tubuh tidak memperoleh zat zat yang diperlukannya selama jangka waktu yang lama?

 Mungkin bobot akan berkurang, tapi otot otot ikut hilang, sel sel otak melemah, dan pada suatu ketika orang yang bersangkutan bisa menderita depresi yang kadang kadang memerlukan perawatan di rumah sakit

 Kalau bobot tubuh yang diinginkan sudah tercapai dan diet sudah dihentikan, maka ada kecenderungan untuk makan banyak lagi dan bobot pun bertambah.tapi kini yang terbentuk bukan  otot melainkan lemak.  

 Macam macam jenis pengurus badan.
Dipasaran banyak tersedia bahan-bahan pengurus badan, yang menjanjikan penurunan berat badan dalam waktu singkat dalam mengkonsumsinya, diantaranya yaitu:

 Anoreksik
 Anoreksik adalah biskuit yang akan mekar di perut sehingga dapat menghilangkan rasa lapar. Biskuit ini sebentar bentar dimakan dalam jumlah sedikit. Wanita yang memakan biskuit ini akan menjadi agresif, depresif, dan merasa sangat tidak nyaman. Untuk  mengatasi hal ini dokter biasanya menganjurkan penggunaan biskuit ini dengan memberi tambahan obat obat penenang. Obat penenang ini memperlambat metabolisme, namun hal ini berarti menambah lemak tubuh. Dengan demikian, biskuit dan obat penenang yang digunakan untuk menangkal efek dari biskuit tersebut memiliki kontradiksi tinggi.

 Diuretik
 Diuretik adalah obat yang membuat seseorang mengeluarkan air seni lebih banyak daripada biasa. Berkurangnya air dalam tubuh menyebabkan orang tampak lebih kurus, pada hal yang harus dihilangkan sebenarnya lemak bukan air.
 Kehilangan air tentu membuat bobot juga berkurang sedikit, dan karena air hilang, maka mineral mineral yang berguna juga kemungkinan ikut terbawa, sementara kulit yang kekurangan air pun tampak kering dan tua. Obat obatan yang dasarnya berasal dari ekstrak dari tiroid ini meningkatkan aktifitas  normal dari kelenjar dalam tubuh. Obat ini hanya diberikan oleh dokter, tapi dengan pengawasan dokter pun kita harus berhati hati karena bisa tetap berbahaya.

Dengan meningkatkan metabolisme tubuh
Metabolisme yang berlangsung cepat juga dapat membuat orang menjadi lebih kurus, tetapi obat obat ini bisa mengakibatkan gejala tidak bisa tidur, gangguan jantung, dan gangguan gangguan psikis.

 Jadi, bagaimana caranya untuk mengurangi bobot atau berat badan tanpa kehilangan kesehatan? obatnya  hanya satu, yaitu makanan yang seimbang disertai dengan senam dan olahraga

 Kehilangan air dan mineral yang diperlukan, sebenarnya tidak terhindarkan seiring dengan meningkatnya usia, tapi bisa “ dihemat “ dengan cukup minum dan meniadakan garam ( kecuali untuk orang orang yang dilarang makan garam oleh dokter ) serta tidak memakai diuretik. Diet yang baik, yang tidak berlebih lebihan dan juga memungkinkan orang untuk tetap menikmati makanan. Lagipula seseorang tidak akan bisa menikmati hidupnya jika terus menerus diganggu rasa lapar.

 Wanita rata rata memerlukan 1800 kalori sehari dan pria 2200 kalori. Jika seseorang mengalami defisit hingga 9000 kalori hal itu berarti lemak hilang 1 kg. Untuk mengurangi kalori, makan perlu dikurangi dan pengeluarannya perlu ditambah ( umpamanya dengan olah raga ) 


 Pengurangan bobot  harus dilakukan perlahan lahan.Kebiasaan makan yang buruk tentu tidak bisa dihilangkan dalam waktu 2 minggu saja tapi haruslah dilakukan secara perlahan lahan dan bertahap. Jika memang anda serius ingin menurunkan bebat badan, sebaiknya konsultasikan hal ini kepada seorang ahli gizi dan dokter yang berpengalaman.




0 komentar:

Posting Komentar

Bahaya Menguruskan Badan Dengan Obat Obatan