Berbagi tulisan bermanfaat yang pernah ku baca

Anda Sedang Diet? Baca Ini



Anda Sedang Diet? Baca Ini

 Penurunan berat badan dengan cara senam aerobik, renang,jogging dianggap tepat, asalkan dibarengi dengan pendidikan gizi.
 Pada saat ini, wanita cenderung menurun kan berat tubuhnya bukan hanya untuk tujuan kesehatan, tetapi lebih condong agar memiliki penampilan yang menarik atau agar lebih dapat tampil cantik.

 Energi yang berasal dari makanan sehari hari jauh melebihi apa yang dibutuhkan tubuh, sehingga kelebihan kelebihan energi ini disimpan sebagai lemak. Adapun lemak tubuh itu berbahaya, karena kaitanya terutama dengan penyakit penyakit generatif, seperti jantung, pembuluh darah, kencing manis, serta mempengaruhi fungsi liver.

 Oleh karena itu, pemberian pendidikan gizi merupakan hal utama dalam program penurunan berat badan karena di dalamnya mencakup pengarahan cara makan, diet, dan terapi dari pada modifikasi perilaku.

 Diet yang dimaksud di sini, bukan berarti sembarang mengurangi jumlah kalori dari makanan. Jadi, untuk menjalanisuatu sistem diet harus dilakukan pemeriksaan lebih dulu mengenai kebutuhan kalori seseorang, kemudian diadakan defisit kalori. Oleh karena itu,  penurunan berat badan bisa  dilakukan secara optimal karena dikombinasikan dengan olahraga. Dengan sistem kombinasi antara diet dan olahraga, maka dengan sendirinya pasien itu tidak merasa lapar. Pola makan yang diterapkan sesuai dengan kebiasaan sehari hari. Hanya saja porsi makan diperkecil dengan cara mengkonsumsi makanan sekitar 3 jam sekali. Prinsip pemberian makanan harus tetap mengandung zat zat gizi, zat pembangun, zat tenaga, dan zat pengatur, yaitu vitamin dan mineral.

Penurunan berat badan yang ideal sebanyak 4 kg sebulan. Ada juga ahli yang berpendapat bahwa penurunan berat tubuh ideal adalah  1,5 persen dari berat badan dalam waktu 1 minggu.

 Penurunan berat badan secara umum, sebaiknya memang dilakukan selesai masa pertumbuhan sampai tidak ada batasnya. Bagi mereka yang berusia lanjut, penurunan ditoleransi hingga 4 kilo sebulan, sedangkan untuk usia diatas 40 tahun, paling tidak sekitar 1 kilo sebulan.


 Memang, pada awal melakukan program penurunan berat badan akibat porsi makanan dikurangi akan menyebabkan badan terasa lemas. Nah untuk mengatasinya, badan harus digerakkan agar energi cadangan dalam tubuh terbakar sehingga kadar gula naik dan badan pun akan segar kembali. 




0 komentar:

Posting Komentar

Anda Sedang Diet? Baca Ini