Berbagi tulisan bermanfaat yang pernah ku baca

Merawat Gigi Dengan Benar

Merawat Gigi Dengan Benar

Setelah makan, sisa makanan yang melekat pada lapisan gigi, khususnya jenis karbohidrat atau yang mengandung glukosa, akan mengalami fermentasi dan menghasilkan senyawa yang bersifat asam.  Akibatnya lingkungan di sekitar gigi pun bersuasana asam. Dalam beberapa menit derajat keasaman ini akan meningkat atau dengan kata lain, nilai pH nya menurun.  Bila berlanjut, misalnya karena sisa makanan yang cukup banyak tertinggal atau takdir bersihkan, penurunan nilai pH ini akan sampai pada nilai pH kritis, yaitu, nilai pH yang dapat memicu dekalsifikasi (hilangnya garam kalsium) pada email gigi.  

 Bila zat gula pada plak sudah habis difermentasi, sejumlah bakteri, diantaranya bakteri yang merugikan, akan merusak kembali senyawa asam hasil fermentasi ini.  Dengan begitu, setelah beberapa waktu, pH akan berangsur naik kembali mencapai pH normal.  Demikianlah yang selalu terjadi setiap kita selesai memakan sesuatu. Karena itulah maka para ahli sepakat bahwa cara jitu mengusir plak adalah dengan cara menyikat gigi dengan benar di saat yang tepat.  

 Dari berbagai penelitian diketahui bahwa pH rongga mulut akan kembali normal sekitar 20 sampai 30 menit setelah makan. Ini berarti selama masa 20 sampai 30 menit pertama adalah saat derajat keasaman dalam mulut masih tinggi. Menyikat gigi pada saat tingkat keasaman mulut tinggi dapat menambah kerusakan pada permukaan gigi.  Karena itu kita juga tidak disarankan langsung menyikat gigi setelah makan melainkan menunggu hingga minimal setengah jam sesudah makan.

 Menyikat gigi memang bisa membersihkan gigi, asalkan cara mengikat nya pun benar.  Ada dua metode menyikat gigi yang dianjurkan, yaitu metode bas atau atau metode rolling.  
 Metode bas cukup banyak dilakukan orang. Caranyanya, untuk gigi depan dan belakang sikat digerakkan secara horizontal.  Sementara, untuk permukaan yang menghadap ke pipi dan menghadap sepanjang sisi lidah menyikatnya dengan tarikan vertikal.  Untuk gigi bagian bawah, arahnya dari bawah ke atas.  

 Sementara metode rolling adalah cara menyikat gigi sepanjang sisi gigi dengan cara berputar. Untuk beberapa orang yang punya kekuatan cukup tinggi dalam menyikat , bila menggunakan metode rolling radang gusi nya jadi kalah.  

 Rutin menyikat, rutin ke dokter
 Waktu terbaik untuk menyikat gigi adalah sehabis makan dan sebelum tidur.  Sebab, selama tidur tidak ada aktivitas karena proses pembusukkan sisa makanan akan lebih cepat terjadi.  Menyikat gigi setelah bangun tidur tidak mengusir kotoran, namun lebih berfungsi untuk menambah kesegaran mulut.  

 Hal lain yang perlu diperhatikan adalah sikat gigi itu sendiri.  Kita dianjurkan memilih sikat gigi yang bulunya tidak terlalu keras karena dapat melukai gusi. Besarnya sikat juga harus disesuaikan dengan besarnya rongga mulut.  Jangan terlalu kecil, apalagi terlalu besar.  Selain itu, gantilah sikat gigi setelah bulunya mulai mekar.  Sebagai pertimbangan, masa 3 bulan adalah waktu yang ideal untuk mengganti sikat gigi.  Karena kotoran gigi tidak dapat dilihat dengan mata telanjang, mungkin saja kotoran gigi tidak benar benar hilang walaupun kita rajin menyikat gigi.  Setidaknya enam bulan sekali, untuk melihat apakah cara menyikat gigi sudah benar kita harus melakukan kunjungan ke dokter gigi untuk memeriksakan masalah rongga mulut.  

 Kunjungan ini penting, karena keadaan kesehatan rongga mulut tidak bisa dilihat secara langsung.  Bahkan, adanya kerusakan gigi yang terjadi dibagian belakang  baru dapat terdeteksi setelah keadaannya parah.  

 Karang gigi yang mengendap dan bersembunyi di jaringan gusi pun tidak dapat kita bersihkan sendiri.  Padahal karang gigi adalah tempat favorit berkumpulnya kuman.  Karena itu, sebelum gigi ini habis digerogoti, segeralah bersih kan sebelum terlambat

Sumber majalah ummi edisi mei 2005




0 komentar:

Posting Komentar

Merawat Gigi Dengan Benar