Berbagi tulisan bermanfaat yang pernah ku baca

Cara Mudah Mengatasi Insomnia Dan Faktor Penyebabnya

Cara Mudah Mengatasi Insomnia Dan Faktor Penyebabnya

Seseorang dikatakan mengidap insomnia jika orang tersebut mengalami sulit tidur secara berlebihan. Tentu ini sangat mengganggu dan menguras energi, karena tubuh dipaksa untuk terus terjaga tanpa memberi kesempatan untuk beristirahat. Padahal saat tidur sel sel dalam tubuh melakukan tugas  yang tidak bisa dilakukan secara optimal pada saat seseorang terjaga, misalnya memperbaiki sel-sel yang rusak dengan lebih cepat.

Untuk mengatasi insomnia, seseorang sebaiknya mengetahui faktor apa saja yang bisa menyebabkan seseorang mengidap insomnia. Beriku adalah faktor umum penyebab seseorang mengalami insomnia.

1.  Stress berperan besar dalam menyebabkan seseorang mengidap insomnia.
Bila anda mengalami insomnia, coba analisa kehidupan Anda, mungkin ada faktor pencetus yang menyebabkan Anda stress sehingga mengalami insomnia. Stress ini dapat terjadi akibat lingkungan sosial, keluarga, diri sendiri dan lain lain. Cara mengatasinya  adalah dengan berfikir positif. Jangan menganggap rumit setiap masalah yang terjadi. Coba Anda posisikan diri Anda sebagai orang lain dalam melihat permasalahan yang Anda hadapi, sehingga Anda bisa lebih santai dan rileks dalam menghadapinya.

2. suasana tidur yang kurang nyaman.
Ketika tubuh terasa lelah dan mengantuk, dalam keadaan normal seseorang tentu sangat berhasrat untuk tidur. Namun pada kondisi tertentu seperti tempat tidur yang kurang nyaman karena kotor, berantakan, lampu yang terlalu terang, susana yang gaduh dan ramai, terlalu panas atau dingin atau hal lainnya. Hal ini bisa menjadi pemicu insomnia. Tips yang paling sederhana adalah, ya buatlah suasana tidur anda senyaman mungkin.

Tips lain yang bisa Anda pertimbangkan untuk mengatasi insomnia adalah dengan mulai mengubah pola dan gaya hidup Anda, seperti mulailah membiasakan berolah raga secara teratur serta menghentikan kebiasaan mengkonsumsi makanan ataupun minuman yang mengandung kafein, karena kafein akan mempengaruhi syaraf agar selalu tetap terjaga.


Demikian tps mengatasi insomnia dan faktor yang menjadi penyebabnya, semoga bermanfaat

Baca juga artikel:





0 komentar:

Posting Komentar

Cara Mudah Mengatasi Insomnia Dan Faktor Penyebabnya