Berbagi tulisan bermanfaat yang pernah ku baca

Cara Alami dan Mudah Mengatasi Sembelit Pada Bayi

Cara Alami dan Mudah Mengatasi Sembelit Pada Bayi

Susah buang air besar atau yang biasa disebut sembelit dapat terjadi pada siapa saja, baik itu orang dewasa, lansia, anak-anak ataupun bayi.  Jangan menganggap sepele jika bayi atau anak anda tidak buang air besar dalam beberapa hari karena bisa jadi ia terserang sembelit. Anak yang terserang sembelit akan membuat tubuhnya kurang nyaman, dan bila sembelit atau sulit buang air besar terjadi pada bayi akan mengakibatkan bayi dsering menangis dan cenderung rewel. Hati-hati jika putra atau putri Anda terserang sembelit, karena sembelit akan mengakibatkan kotoran menumpuk dalam tubuh karena tidak segera dibuang, dan ljika dibiarkan kotoran ini akan menjadi racun dalam tubuh dan mengakibat penyakit lain selain sembelit, hal ini tentu tidak kita inginkan.

Idealnya setiap orang buang air besar setiap hari, karena pencernaan yang baik akan mengeluarkan sampah dari dalam tubuh secara teratur, namun jika anak atau bayi Anda selama dua hari berturut-turut tidak buang air besar, ini merupakan pertanda putra atau putri Anda mengalami sembelit yang salah satunya penyebabnya  adalah metabolisme tubuh yang kurang lancar

Berikut penulis akan membahas tips sederhana yang bisa dilakukan para orang tua jika mendapati putra atau putrinya mengalami susah buang air besar atau sembelit.

1. ASI adalah solusi sembelit yang paling baik dan murah bagi bayi Anda
 Asi memiliki segudang keajaiban, Asi adalah anugrah Tuhan yang sudah dirancang khusus untuk si buah hati dengan segala keunikan dan khasiat yang luar biasa baik untuk pertumbuhan si kecil maupun untuk kesehatannya. Bayi yang berumur dibawah enam bulan ataupun bayi yang sudah mendapat makanan pendamping ASI, tetap disarankan memperbanyak konsumsi ASI untuk melancarkan kembali metabolismenya. Sang ibu pun dapat berperan mengurangi sembelit si bayi dengan memperbanyak konsumsi buah, sayur dan air minum, karena kandungan makanan yang diasup ibi juga akan diserap oleh bayi melalui ASI.

2. Dengan jus buah Prune
Pernah mendengah buah prune? Buah ini memang jarang dijual di pasar tradisional, tapi Anda biasanya dapat dengan mudah menemukan buah prune di super market terdekat. Buah prune memiki banyak keistimewaan, seperti kandungan yang tinggi akan anti oksidan, serat yang membantu pertumbuhan bakteri baik dalam pencernaan serta  vitamin A. Buah prune terkenal dapat mengatasi sembelit pada bayi . Tentu saja buah prune hanya diberikan pada bayi yang telah berusia di atas 6 bulan, atau yang sudah bisa menerima makanan pendamping ASI. Jus buah prune dapat Anda berikan dengan cara mencampurkannya pada makanan atau pun pada jus buah kesukaan bayi Anda.

3. Tambahkan air atau encerkan pemberian susu formula pada bayi.
Jika bayi Anda sudah mendapatkan susu formula, perhatikan kekentalan susu yang Anda berikan. Susu yang terlalu kental hanya akan memparah sembelit atau susah buang air besar pada bayi. Jika dalam satu botol anda biasa menambahkan delapan sendok takar susu untuk 250 cc (Hanya contoh), maka Anda bisa menguranginya menjadi hanya 5 sendok takar. Susu yang encer akan menambah asupan air bagi si kecil, sehingga mempercepat proses penyembuhan sembelit pada bayi Anda.

4. Jika bayi Anda tetap mengalami sembelit, coba pijat di sekitar perut bayi Anda.
Bayi yang kotoran atau pupnya tertahan di dalam perut akan mengakibatkan ususnya semakin membesar, ini akan mengakibatkan rasa sakit pada si kecil. Coba urut perut bagian bawah bayi secara perlahan, Anda dapat menggunakan minyak zaitu untuk mempermudah pengurutan. Pengurutan yang tepat akan mengurangi rasa sakit pada bayi dan membuatnya merasa nyaman. Jika Anda khawatir kurang mahir melakukannya, Anda bisa meminta bantuan kepada orang yang lebih ahli dan berpengalaman.


Semoga tips diatas dapat membantu mengatasi sembelit pada bayi Anda.






0 komentar:

Posting Komentar

Cara Alami dan Mudah Mengatasi Sembelit Pada Bayi