Berbagi tulisan bermanfaat yang pernah ku baca

3 Ganguan Pendengaran Bayi YangHarus Anda Ketahui

3 Ganguan Pendengaran Bayi YangHarus Anda Ketahui


Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya sehat, secara fisik maupun mental. Namun terkadang orang tua harus menerima kenyataan jika ada salah satu fungsi organ yang kurang berfungsi. Kali ini penulis akan membahas tiga jenis ganguan yang biasa muncul pada telinga bayi dan sebaiknya para orangtua mengetahuinya sejak dini.

Yang pertama, ganguan pada telinga bagian tengah dan telinga bagian dalam. Ganguan yang terjadi sifatnya dapat ringan atau berat terrgantung gejala yang timbul. Secara medis ganguan ini disebut gangguan pendengaran konduktif, dimana telinga bagian tengah dan dalam tidak bisa menghantarkan gelombang suara secara baik. Pada sebagian bayi, gangguan ini sifatnya sementara atau menetap. Bila ini terjadi pada balita anda, segera periksakan ke dokter spesialis. Alat yang biasa digunakan untuk mengatasi gangguan ini adalah alat bantu dengar atau implan telinga tengah

Yang kedua, ini adalah gangguan yang sifatnya bawaan dan biasa disebut gangguan pendengaran congenital. Karena gangguan ini sifatnya bawaan, gejala yang ditimbulkan dapat diketahui sejak bayi berumur tiga bulan, sehingga penanganannya pun dapat dilakukan sejak dini.


Yang ketiga, masih merupakan gangguan bawaan pada telinga bayi, yaitu gangguan pendengaran sensorineural.  Gangguan ini terjadi karena hilang atau rusaknya sel rambut yang berupa sel saraf pada telinga. Sel saraf ini terletak didalam Koklea. Kerusakan yang ditimbulkan bersifat permanen, dengan skala gangguan ringan hingga berat. Apabila hal ini terjadi pada balita Anda, yang biasa dilakukan para dokter adalah melakukan implan telinga tengah dan implan koklea. Jika dokter melakukan tindakan implan koklea itu menandakan bahwa gangguan yang terjadi adalah gangguan yang sifatnya berat. Namun bila yang terjadi hanya kerusakan saraf pada bagian ujungnya saja hal ini akan mengakibatkan bayi Anda sulit mendengar nada yang tinggi atau  orang biasa menyebutnya tuli sebagian, karena sel saraf yang berfungsi menerima nada rendah masih dalam kondisi baik.




0 komentar:

Posting Komentar

3 Ganguan Pendengaran Bayi YangHarus Anda Ketahui