Berbagi tulisan bermanfaat yang pernah ku baca

Buah Jambu


Sebagian besar buah jambu adalah tanaman asli Indonesia, misalnya jambu Juwet yang rasanya agak sepat dan berbentuk bulat telur, Jambu Bol dengan biji yang besar bulat dan kecoklatan, memiliki tekstur daging
yang lembut dan aroma yang harum. jambu kaya kan vitamin C, niasin, potasium dan serat alami. Buah jambu memiliki 62 kalori dalam tiap 100 gramnya.
jambu air
Jambu air

Jambu terbagi menjadi dua jenis yaitu jambu air dan jambu kelutuk. Jambu kelutuk atau biasa disebut jambu biji memiliki kandungan serat yang paling tinggi dibandingkan jenis jambu air. Kandungan serat ini banyak terdapat pada kulitnya yaitu 4,1 mg setiap 100 gram. kandungan serat ini banyak dimanfaatkan untuk menurunkan kadar gula dan kolestrol jahat. Pada daging dan kulit jambu dapat mengandung vitamin C sebanyak 87 mg per 100 gram, dimana kandungan vitamin C ini lebih tinggi dari pada kandungan vitamin C pada jeruk yaitu 30 mg per 100 gram.

jambu biji yang berwarna merah pada dagingnya lebih kaya beta karoten dari pada jambu biji yang berdaging putih. Selain itu jambu biji juga mengandung kalsium, fosfor, zat besi, serta vitamin B1. Di beberapa negara, jambu biji dipercaya dapat mengobati influenza karena kaya akan asam amino esensial yang diperlukan tubuh untuk sel pertahanan dan memperbaiki sel yang rusak.

Jambu batu atau jambu kelutuk
Jambu batu atau jambu kelutuk

Bagi Anda penderita diabetes, air rebusan jambu biji depercaya dapat menurunkan kadar gula darah. Khasiat lain pada jambu biji adalah dapat membantu menormalkan cairan plasma yang merosot tajam akibat trombosit yang juga menurun tajam pada penderita deman berdarah. Jambu biji muda biasa digunakan para ibu untuk mengobati diare pada balita. Keajaiban buah jambu tidak berhenti sampai disini, masyarakat Filipina percaya, sari jambu biji dapat digunakan sebagai suplemen penguat jantung serta pemgusir lemak darah.

Menyiapkan dan mengolah jambu biji
Sebenarnya jambu nikmat dsantap langsung tanpa pengolahan apapun. Namun Anda pun dapat mengolahnya menjadi aneka masakan dan sajian yang menggugah selera, seperti manisan jambu, sirop jambu, es krim, sorbet, selai, jelly atau beragam kue seperti pie jambu.


Baca juga artikel:




0 komentar:

Posting Komentar

Buah Jambu