Berbagi tulisan bermanfaat yang pernah ku baca

Punya Banyak Keterampilan Untuk Ditularkan



keterampilan wanita

 Saya mempelajari berbagai keterampilan tidak melalui kursus yang resmi. Biasanya saya mengumpulkan ibu ibu yang saya kenal, kemudian kami saling berbagi keterampilan yang kami miliki. Selain itu, kadang saya mencari orang yang memiliki keahlian tertentu untuk belajar langsung darinya.

 Saat ini saya sedang menekuni keterampilan merangkai pernak pernik untuk dibuat kalung, atau bros dari berbagai bahan seperti batu, emas, mutiara air tawar, dan lain lain. Saya sangat menikmati hobi saya ini, rasanya begitu menyenangkan. Pernak pernik yang bagus, indah dan unik dari berbagai bahan itu memang membuat daya imajinasi kita berkembang. Saya terus mencari kreasi baru dan merancang berbagai desain baru. Saya mengasah dan mengembangkannya dengan cara mempelajarinya dari buku, majalah, atau berbagai pengalaman dengan orang yang memiliki hobi yang sama.Rasa suka dan senang memang menjadi faktor utama yang menyemangati saya untuk lebih mendalami keterampilan ini.

 Alhamdulillah, cukup banyak yang suka pada hasil rancangan saya, bahkan ada yang membelinya. Saya jadi berpikir untuk menjadikannya sebagai penambah income. Berbagai pernak pernik itu akhirnya saya titip di berbagai toko untuk dijual di sana. Saya juga membuka konter sendiri di sebuah pusat perbelanjaan di Depok. Kalau ada konsumen yang ingin diajarkan dengan senang hati saya akan mengajarkannya. Sebagian dari mereka kemudian juga menjadi pedagang pernak pernik. Kalau hitung hitungannya, pemasukan memang tidak banyak. Tapi saya percaya pada rezeki yang Allah berikan untuk masing masing kita. Saya juga melihatnya dari sisi yang lain yaitu dalam pergaulan dan hubungan sosial kita dengan masyarakat. Saya pikir hal itu bisa menjadi dakwah tersendiri, saya yang berkerudung mau berbagi untuk yang lain., apalagi bermacam macam orang yang datang ke konter saya.

 Saya memang senang berbagi ilmu. Cukup banyak yang belajar dari saya dan teman teman, tetangga juga ibu ibu majelis taklim, rasanya ada kebahagiaan tersendiri di hati saya. Selain bisa terus mengembangkan bakat dan potensi ekonomi, saya bisa berbagi untuk  orang lain. Alhamdulillah, beberapa keterampilan yang saya miliki sebelumnya juga sudah saya tularkan, seperti membuat bunga dari kertas dan kulit jagung, gantungan kunci, seni beladiri silat, dan lain lain. Khusus untuk silat saya hanya mengkoordinasi saja, maklum sudah tua. Saya membuka perguruan cabang di sini, untuk seterusnya saya serahkan kepada pelatihnya.

 Dari semuanya itu, nilai dakwah lah yang saya utamakan. Saya mengikuti apa yang digandrungi orang, dari sana saya coba untuk menyisipkan nilai kebaikannya. Saya berharap apa yang saya lakukan ini terus berkembang, baik untuk diri saya sendiri ataupun untuk dakwah.( Lilis miradillah)


 Sumber ummi edisi agustus 2006




0 komentar:

Posting Komentar

Punya Banyak Keterampilan Untuk Ditularkan