Berbagi tulisan bermanfaat yang pernah ku baca

Mengapa Kita Merasa Haus ?

Mengapa Kita Merasa Haus ?


 Kita memang seringkali merasa cepat haus meskipun sebelumnya kita sudah minum cukup banyak air. Mengapa? Karena, walaupun saat itu sebenarnya tubuh kita masih memiliki cukup simpanan air, namun bila kita melakukan kegiatan yang menguras tenaga seperti berolahraga, makalah tenggorokan kita dapat menjadi kering sehingga muncul rasa haus.

 Dilain waktu, bisa timbul di saat tenggorokan dan mulut terasa kering, atau rasa haus juga muncul di saat kita merasa gugup atau.a aliran air liur kita tidak mengalir dengan baik untuk membasahi mulut dan tenggorokan kita. Untuk mengatasinya kita memang perlu minum beberapa teguk cairan atau minuman segar sebagai pembasah mulut dan tenggorokan, bahkan juga bisa timbul bila ada perubahan kandungan garam dalam darah. Misalnya di saat kita mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung garam, seperti kacang asin, ikan asin atau makanan lain yang banyak kandungan garamnya. Sekalipun kita memperbanyak minum, rasa haus akan tetap datang. Tak heran, rasa haus tidak akan hilang dengan mengkonsumsi air laut.

 Satu hal lagi, tahukah anda bahwa tubuh baru disebut benar benar kehausan saat jumlah air dalam tubuh kita tidak seimbang lagi. jumlah air dalam tubuh manusia, bisa mencapai hampir 60 persen dari berat tubuh kita, jika berat tubuhmu 30 kg, maka berat air dalam tubuhnya bisa mencapai 18 kg. Subhanallah...banyak sekali ya. Air sebanyak itu tersebar di seluruh bagian tubuh. Ada yang tersimpan pada jaringan di bawah kulit, diperut, di dalam kandung kemih, juga di dalam aliran darah.

 Ada air yang kita konsumsi, maka ada pula air yang kita keluarkan dari dalam tubuh kita. Air itu kita keluarkan dalam bentuk keringat dan air seni. Kalau kita terus menerus buang air kecil atau berkeringat tetapi kita tidak menambah konsumsi Cairan, tentu jumlah air dalam tubuh kita akan berkurang. Nah, pada saat itulah kita akan merasa haus. Jadi rasa haus ini sangat berguna untuk memberi tahu bahwa tubuh kita sangat membutuhkan air.

 Untuk menambah jumlah air dalam tubuh kita tak hanya lewat minum. Kita juga dapat memperoleh air dari buah, sayur dan makanan lainnya. Makanya, jangan lupa untuk selalu memperhatikan kebutuhan tubuh akan air

 Subhanallah maha suci Allah yang Maha Pengasih dan Penyayang.

 Sumber. Dua majalah ummi edisi juli 2014




0 komentar:

Posting Komentar

Mengapa Kita Merasa Haus ?