Berbagi tulisan bermanfaat yang pernah ku baca

Menghadapi Anak Yang Sering Cemas Jika di Keramaian


Menghadapi Anak Yang Sering Cemas Jika di Keramaian



 Seorang anak, sampai umur  6 bulan atau lebih,  biasanya senang digendong oleh kerabat atau teman teman orang tuanya. Dia mungkin akan tersenyum dan bermain jika kedua orang tuanya memindahkannya ke gendongan orang lain. Namun antara 7 sampai 9 bulan, dia akan mulai resisten terhadap  orang yang bukan ia kenal, dan mungkin akan menangis untuk menggapai orang tuanya jika seseorang berusaha untuk menggendongnya. Selama tahap ini, dia mungkin akan merasa cemas dengan orang orang di sekelilingnya yang tidak sering ia lihat.

 Reaksi semacam ini, merupakan hal normal dalam perkembangan anak anak, berasal dari kewaspadaannya yang meningkat terhadap dunia di sekelilingnya dia akan mengenal kedua orang tuanya sebagai figur yang spesial dan berbeda, serta memandang orang orang sekelilingnya dengan perasaan yang aman, dan ingin selalu bersama mereka. Bayi tidak akan merasa nyaman dan aman sebagaimana jika ia bersama orang tua atau orang yang ia kenal dengan baik.

 Juga, pada tahap ini, dia yakin bahwa sesuatu itu ada selama dia bisa melihatnya. Ketika orang tuanya tidak terlihat,  anak akan merasa cemas dan akan menangis, jika orang tuanya kembali menggendongnya atau bersamanya maka anak akan merasa senang kembali. Tahap perkembangan ini akan menjadi sulit bagi kedua orang tua karena menimbulkan perasaan merepotkan, sehingga sangat sulit bagi orang lain menawarkan bantuan untuk merawatnya. Seorang teman atau kerabat, yang menawarkan diri untuk menjaga anak itu, mungkin akan merasa bertolak dengan tangisan anak tersebut ketika dia datang. Beberapa orang menyalahkan orang tua  dengan mengatakan “anda mungkin memanjakannya dengan terlalu banyak menggendongnya"  atau mereka mungkin akan membujuk anak tersebut.

 Jika anak anda memasuki tahap perkembangan ini, ingat bahwa kecemasan terhadap orang asing dan berpisah dengan orang tuanya merupakan hal yang normal. Tidak perlu memaksa anak anda agar bersama orang lain, arena nanti dia akan melakukannya sendiri. Yang harus anda lakukan adalah cobalah untuk memenuhi  keinginannya dan  biarkan orang lain berbicara dan dengannya  ketika sedang berada di gendongan anda. Anda dapat menjelaskan kepada orang orang, bahwa ketika anda mengetahui perasaan perasaan frustasi dan penolakan mereka, maka anda akan tahu bahwa anak anda berperilaku sama dengan anak yang sebaya dengannya.

 Selama tahap ini, banyak bayi akan rewel jika berpisah dengan orang tuanya pada siang hari atau ketika baby sisternya datang. Jelaskan situasi tersebut kepada penjaga anak anda dan biarkan anak anda tahu bahwa dia membutuhkan lebih banyak digendong dan dininabobokan. Jika anak anda menangis ketika anda pergi, anda juga akan merasa kesulitan untuk pergi. Sudahkah anda mencoba untuk mengalihkan perhatiannya? Telponlah barang sesaat ke rumah setelah kepergian tanda, jika anda ingin memastikan dan menenangkan diri anda bahwa semuanya baik baik saja.

 Pada waktu waktu tertentu anda mungkin harus pergi ketika perhatian anak anda beralih ke sesuatu yang lain dan tidak menyadari bahwa anda sedang pergi. Meskipun hal ini dapat menghilangkan tangisan anak tanda, namun dia mungkin akan terkejut dan ketakutan ketika mengetahui bahwa anda pergi. Akan lebih baik jika anda mengucapkan selamat tinggal dengan cepat.

 Anda akan tahu bahwa ketakutan anak anda terhadap orang asing dan perpisahan dengan anda berkurang ketika anda sudah melihat anak anda mau digendong orang lain dan melihatnya berlari menuju orang yang akan menggendongmu. Ketika tahap ini berlalu, maka dia sekali lagi akan merasa lebih senang dan nyaman dengan orang lain






0 komentar:

Posting Komentar

Menghadapi Anak Yang Sering Cemas Jika di Keramaian