Berbagi tulisan bermanfaat yang pernah ku baca

Anak Tidak Bisa Berpisah Dengan Benda Kesayangannya, Normalkah?


Anak Tidak Bisa Berpisah Dengan Benda Kesayangannya, Normalkah?



 Melihat seorang anak berpegang pada selimutnya merupakan pemandangan yang wajar.diantara usia 6 sampai 9 bulan, banyak anak anak yang menjadi lengket dengan benda benda yang membuatnya merasa aman seperti selimut dan binatang mainan. Kelengketan dengan benda benda ini akan berakhir sampai dia berusia 5 tahun atau lebih. Ini merupakan bagian perkembangan yang alami meskipun tidak semua anak suka mengambil benda benda khusus dan beberapa anak yang lain memilih memeluk benda benda yang halus. Seorang anak yang memiliki kelengketan yang kuat mungkin akan bangun dengan menggenggam selimutnya kuat kuat ketika orang tuanya mau mengangkatnya. Dia mungkin akan meletakkan selimut di mukanya dan akan menggunakannya untuk menyelimutinya ketika dia menjadi semakin besar.

 Bagi anak kecil, sarung atau benda lain yang lembut merupakan sumber kenyamanan. Ketika dia beranjak dari usia bayi dan beranjak dari kedekatannya dengan ibunya, dia akan merasa sayang  dan peduli dengan benda tertentu dan sebagai balasannya dia akan mendapatkan perasaan nyaman dan hangat. Dia akan sangat sering  menggunakan selimutnya selama masa masa transisi sepanjang hari, ketika dia sedang tidur, merasa capek atau terluka, berpergian dengan mobil, pergi ke dokter, dan selama perubahan perubahan utama dalam hidupnya atau dalam rutinitasnya. Perubahan perubahan seperti ini bisa termasuk dalam suatu hal diantaranya lahir adik baru, awal masuk ke taman kanak kanak atau ketika orang tuanya tidak ada. Anak yang dibiarkan menangis ketika akan tidur atau anak yang kebutuhan kebutuhan ketergantungannya tidak secara konsisten terpenuhi, mungkin akan menjadi tergantung pada benda untuk membuatnya nyaman.

 Kasih sayang anak terhadap benda spesialnya mungkin akan berlaku pada tahap yang berbeda. Pada saat saat tertentu, dia akan sangat membutuhkan selimutnya dan akan membiarkan orang tuanya mengetahui bahwa dia membutuhkannya, meskipun ketika dia tidak bisa mengatakan kepada mereka dengan kata kata. Pada saat dia beranjak besar, kebutuhannya akan benda benda tertentu akan berkurang dengan sendirinya.

 Seorang anak memiliki kasih sayang yang besar kepada binatang atau mainan yang diberikan kepadanya, ketika dia masih berumur berapa bulan dia akan membawanya ke manapun dia pergi. Ketika dia berumur 4 tahun, kasih sayangnya terhadap mainan tersebut akan berkurang. Pertama tama ia akan membuang mainan tersebut dari ranjang meskipun tidak lama kemudian dia akan mengambilnya kembali kemudian dia akan memindahkan benda spesialnya dalam posisi yang tidak menyenangkan, dan akhirnya , dia akan menyingkirkan permainan tersebut dari  dari rak.


Jika anak anda sayang pada benda tertentu, mungkin anda akan sulit percaya bahwa suatu saat dia akan mencampakkannya. Anda mungkin akan heran karena harus menjauhkan mainan tersebut dari anak anda atau mengalihkan anak anda dari mainan tersebut pada suatu hari. Sejalan dengan perkembangan waktu ,keinginannya pada benda benda tertentu akan menghilang dan suatu saat nanti dia tidak akan menggunakannya lagi dengan intensitas yang berkurang. Namun demikian, sampai usia 5 tahun dia akan tetap menggunakan mainan kesayangannya. Karena kebanyakan anak usia 4 sampai 5 tahun akan selalu membawa serta mainan mereka pada malam hari sebagai sumber kenyamanan mereka.  Menariknya, ketika para orang tua mengetahui alangkah besar dan lamanya kasih sayang mereka dengan benda tersebut, kadang mereka mulai merasa protektif dengan benda tersebut.




0 komentar:

Posting Komentar

Anak Tidak Bisa Berpisah Dengan Benda Kesayangannya, Normalkah?