Berbagi tulisan bermanfaat yang pernah ku baca

Haruskah Menggendong Bayi Ketika Menangis ?


Haruskah Menggendong Bayi Ketika Menangis ?
Haruskah Menggendong Bayi Ketika Menangis ?

 Menangis merupakan cara bayi berkomunikasi. Terutama pada bulan bulan pertama, seorang bayi menangis ketika anak sedang lapar, dingin, basah, lelah,atau ingin digendong dan diajak bermain. Antara 6 sampai 9 bulan, bayi mungkin akan menangis, terutama di malam hari, karena bayi mengganggap bahwa orang tua tidak ada jika anak tidak melihatnya. Bayi memahami dunia sebagai sesuatu yang menyenangkan atau tidak memberikan kenyamanan; ketika keinginan  terpenuhi anak akan merasa senang dan jika tidak terpenuhi anak akan sedih dan menangis.

 Banyak orang tua yang heran dan bingung bagaimana  mereka harus bersikap jika bayinya sedang menangis. Jika orang tua  menggendongnya setiap kali bayi menangis, akankah anak semakin banyak tuntutan? ataukah hal ini akan memberinya peluang untuk menjadi manja? Para orang tua yang ingin mengikuti insting mereka dan merespon tangisan bayi mereka seringkali merasa bingung dengan perkataan orang orang yang mengatakan,”Jangan gendong anak, karena hal itu akan menjadikannya manja, “biarkan anak menangis, karena justru akan bagus bagi paru parunya,”atau”karena tidak mungkin anda menemaninya terus” .

 Namun kenyataan yang terungkap adalah bahwa menggendong bayi anda ketika anak sedang menangis  tidak akan menjadikannya manja. Malah hal itu akan membantunya mengembangkan rasa aman yang akan menjadikannya jarang menangis pada waktu yang lama. Bayi yang tangisannya mampu mendatangkan respon, akan mulai mengantisipasi bahwa kapan pun anak menangis, akan ada orang yang meresponnya. Koneksi sebab dan akibat ini akan menjadikan anak anda merasa aman dan perasaan nyaman akan mengajarinya untuk mempercayai orang tuanya. Belajar untuk percaya merupakan bagian penting bagi perkembangan awal anak anak . Jika orang tuanya tidak pernah merespon tangisannya, atau merespon secara tidak diduga, maka  dengan cepat anak akan merasa bahwa tidak ada banyak hal yang bisa anak lakukan untuk mempengaruhi lingkungan di sekitarnya. Dalam situasi semacam ini, akan tumbuh dalam diri perasaan untuk tidak mempercayai siapapun yang ada disekitarnya.

 Tentu saja, ada serangkaian perilaku orang tua yang beragam antara yang mau merespon secara total dengan mereka yang tidak mau merespon. Tidak peduli seberapa keras orang tuanya mencoba untuk menenangkan dan menjadikannya nyaman, namun tetap saja ada saat saat tertentu di mana anak mengalami frustasi. Namun jika para orang tua secara konsistensi memperhatikan dan memberi kasih sayang pada awal awal kehidupan anaknya, maka anak akan mulai menumbuhkan rasa percaya. Menenangkan anak yang sedang menangis merupakan hal yang penting, namun tidak jarang hal itu sulit dilakukan, terutama jika anak sering menangis pada jam jam sibuk. Jika anda menemukan bahwa anak anda membutuhkan banyak perhatian di siang hari, maka anda mungkin membutuhkan selendang untuk menggendong anak anda sehingga anda tidak perlu memegangnya ketika melakukan aktivitas yang lain. Kontak dan gerakan yang terus menerus sangat menyenangkan bagi seorang anak.

 Jika anak anda sering kali menangis di malam hari, anda mungkin akan merasa frustasi dan tidak tahu bagaimana menghentikannya. Mungkin insting alami anda mengatakan untuk menggendongnya, namun anda mungkin merasa lelah sehingga tidak melakukannya. Dokter anak anda mungkin akan menyarankan kepada anda untuk membiarkannya jika dia menangis di malam hari, terutama ketika anak sudah berusia 3 bulan. Banyak orang tua yang menyarankan agar membiarkan anak yang sedang menangis dengan harapan agar dia belajar tidur dimalam hari. Sebuah teori mengatakan bahwa para orang tua menolak untuk menenangkan atau menyusui anaknya pada malam hari, maka dia akan berhenti menangis setelah 20 menit sampai satu jam kemudian dia akan tidur kembali. Setelah mengalami ini selama berhari hari atau berminggu minggu secara rutin, maka untuk berikutnya dia tidak akan pernah bangun pada malam hari.


 Meskipun prospek tidur sore yang tidak terganggu mungkin akan menarik bagi anda, namun jika anda menenangkan bayi anda ketika dia sedang menangis, maka anda sama dengan memberitahukan kepada bayi bahwa bayi anda bisa bergantung pada anda, bahwa dia sangat berarti, dan bahwa anda peduli untuk memenuhi kebutuhannya. Oleh karena itu, jika dia menangis, maka gendong dan tenangkan dia, dengan demikian anda memberikan rasa aman dan landasan untuk mengembangkan kepercayaan di dunianya.




0 komentar:

Posting Komentar

Haruskah Menggendong Bayi Ketika Menangis ?