Berbagi tulisan bermanfaat yang pernah ku baca

Manfaat Tawon Untuk Mengobati Diabetes


Manfaat Tawon Untuk Mengobati Diabetes

Ciri ciri tawon
Kawanan tawon terdiri dari tawon pekerja, tawon ratu, dan tawon pejantan.

Tawon pekerja
Tawon pekerja memiliki kepala dan dada yang berbulu halus serta tubuh kuning kecoklatan. Bentuk kepalanya segitiga, matanya besar, dan bersungut.bentuk mulut bervariasi, untuk menggigit dan menghisap.

 Tawon pekerja memiliki dua pasang sayap dengan selaput bening dan tiga pasang kaki untuk mengumpulkan serbuk sari. Perut tawon pekerja bulat kerucut. Warna punggungnya kuning kecoklatan dengan garis hitam pada ruas pertama sampai keempat.ruas paling ujung meruncing, mempunyai kelenjar racun, serta dilengkapi jarum penyengat.bagian bawah perut menghasilkan lilin yang berguna untuk membuat sarang tawon.

 Tawon ratu
 Tubuh tawon ratu paling besar di antara yang lain. Lawan satu memiliki sayap kecil dan pendek mulut tawon ratu tidak berkembang, sehingga tidak bisa untuk menghisap serbuk sari bunga. Perutnya besar memanjang dan terdapat alat reproduksi yang sangat subur. Hanya saja tawon ratu tidak mempunyaikelenjar lilin di perutnya yang berguna untuk membuat sarang tawon.

 Tawon pejantan
 Bentuk tubuh dan mata tawon jantan lebih besar dibandingkan dengan tawon pekerja. Mulut tawon pejantan juga tidak berkembang, sehingga tidak ada sarana untuk menghisap serbuk sari bunga, serta tidak mempunyai kelenjar lilin di perutnya. Ujung ekor tawon jantan membulat dan tidak mempunyai kelenjar racun maupun alat penyengat.

Bagian yang berkhasiat dari tawon yaitu, selain madu, lalu royal jelly yang menjadi makanan para anak tawon, juga anak anak tawon mempunyai khasiat tersendiri. Khasiat anak tawon adalah:
  • Mengobati diabetes
  • Mengusir racun di dalam saraf
  • Melancarkan air susu ibu


 Dosis dan cara pemakaian
 Untuk mendapatkan dosis yang tepat, gunakan 0,5 g anak tawon madu. Haluskan tawon dan tambahkan air bersih kemudian panaskan sampai mendidih beberapa kali, air dapat diminum seminggu 2 kali.

Manfaat madu tawon
 Madu tawon merupakan cairan kental berwarna kuning kecoklatan tetapi ada yang putih kekuningan dan bening. Ketika di tempat dingin, sering kali madu mengkristal dan tidak transparan. Madu mempunyai bau yang harum, dan sedikit asam. Rasa madu tawon tergantung pada jenis bunga yang dihisap sarinya.

 Selain itu madu mengandung vitamin A, C, B,D,K, dan asam amino tertentu. Madu tawon mengandung unsur mineral dan elektrolit antara lain ferrum,mangan, cuprum, sulfur,dan lain lain.

 Khasiat madu untuk kesehatan
 Madu memiliki khasiat sebagai berikut:
  •  Memperbaiki dan memperkuat kondisi tubuh
  •  Memperbaiki kekurangan cairan dalam tubuh
  •  Mengobati batuk kering
  •  Mengobati luka bakar
  •  Mengobati gangguan bibir pecah pecah
  •  Mengobati kesulitan untuk buang air besar atau sembelit


 Madu mengobati batuk kering
Untuk mengobati batuk kering, ambil satu atau dua sendok madu kemudian tambahkan sari kencur dan sedikit jeruk nipis dan jahe kemudian aduk rata. Ramuan tersebut langsung diminum untuk meredakan batuk dengan cepat.

 Mengobati darah tinggi
 Untuk mengobati darah tinggi, ambil wijen hitam 56, 25 gram kemudian cuci bersih dan masak sampai matang. Setelah matang, wijen di tumbuk sampai halus. Tambahkan 60- 70 gram madu dan air panas secukupnya aduk sampai rata minum setiap hari sampai sembuh.

Manfaat royal jelly
Royal jelly merupakan makanan khusus untuk anak anak ratu lebah dengan kandungan air, protein dan lemak.Royal jelly mengandung beberapa jenis gula yaitu fruktosa, glukosa, sukrosa, dan maltosa.

 Farmakologi madu royal jelly
 Pengertian royal jelly pada hewan percobaan tikus putih yang dibuat menjadi kencing manis ternyata dapat menurunkan gula darah secara bertahap.

 Khasiat royal jelly
 Royal jelly memiliki khasiat sebagai berikut 
  •  Sebagai tonikum atau obat kuat
  •  Memperbaiki kondisi tubuh sehabis sakit
  •  Memperbaiki fungsi liver
  •  Mengobati penyakit darah tinggi


 Cara menguji kemurnian atau keaslian madu tawon
 Percobaan ini dilakukan untuk menguji kemurnian madu. Masukkan madu pada botol bermulut lebar. Bakar sebuah pipa besi yang bersih sampai berwarna merah membara. Masukkan pipa besi tersebut kedalam botol madu. Apabila keluar hawa panas berarti madu murni tetapi bila yang keluar asap berwarna putih dan berbau gosong berarti madu tersebut madu palsu (madu yang sudah dicampur dengan gula atau lainnya).

Demikian manfaat madu tawon bagi kesehatan, semoga bermanfaat.




0 komentar:

Posting Komentar

Manfaat Tawon Untuk Mengobati Diabetes