Berbagi tulisan bermanfaat yang pernah ku baca

Cacing Tanah Ampuh Mengobati Penyakit Typus


Cacing Tanah Ampuh Mengobati Penyakit Typus


 Ciri ciri cacing tanah
 Badan cacing tanah berupa silinder panjang beruas ruas dengan garis tengah 5 - 12 mm dengan panjang tubuh 11 sampai 16 cm. Cacing tanah tidak memiliki mata dan sungut peraba. Warna punggungnya coklat agak ungu dan dibagian perut terlihat lebih pucat. Gerakannya lambat tetapi pasti.

Habitat cacing tanah
Cacing tanah hidup di tanah tanah yang agak lembab, gembur, tempat sampah, dan tanah yang mengandung banyak protein tinggi, misalnya kotoran sapi, kelinci dan kambing. Makanan cacing adalah tanah yang mengandung unsur pelapukan yang kaya akan zat organik terutama selulosa.

 Cara pengolahan cacing tanah sebagai obat
 Masukkan sekumpulan cacing tanah ke dalam baskom kemudian campur dengan abu merang (abu tangkai padi). Rendam sebentar dengan air hangat dan buang lendir lendir yang melekat pada tubuh cacing. Bedah isi perut cacing, buang, dan dibersihkan dari gumpalan gumpalan pasir sampai benar benar bersih. Keringkan cacing dengan cara dijemur pada sinar matahari atau dipanggang dengan api sedang hingga benar benar kering

 Setelah kering, sediaan bahan obat tersebut berbentuk lempengan pipih dan siap dipakai sebagai obat anti demam pada typus.

 Sediaan obat tersebut dapat juga dijadikan serbuk halus dengan cara menggilingnya. Serbuk tersebut kemudian dimasukkan ke dalam kapsul.

 Pada pabrikan, biasanya cacing kering diekstrak dan diambil dari tepungnya kemudian dimasukkan ke dalam kapsul menjadi produk obat tradisional yang dapat dikomersialkan.  

 Farmakologi
 Cacing tanah mengandung enzim khusus, dimana pada pH 8 dapat melarutkan semua tanah dengan sempurna. Selain itu, mengandung zat zat lain yang berkhasiat untuk mengobati penyakit typus seperti asam amino dan adenin.

 Khasiat cacing tanah
  •  Khasiat cacing tanah adalah sebagai berikut:
  •  Anti pyretik (penurun panas badan )
  •  Bronchodilatator  (melebarkan saluran pernapasan)dan melegakan pernapasan.
  •  Hipotensor (menurunkan tekanan darah)
  •  Menurunkan demam pada penderita tipes


 Cairan rebusan cacing tanah sangat efektif untuk menurunkan panas atau demam pada hewan percobaan tikus mencit dan kelinci yang terserang penyakit malaria, dan bakteri coli. Reaksi penurunan panas tersebut langsung di pusat sistem susunan saraf pada pengaturan temperatur suhu badan bagian otak sehingga suhu tubuh segera normal.

 Cacing tanah ampuh melebarkan saluran pernapasan dan melegakan pernapasan
 Khasiat cacing tanah yang lain adalah menetralkan histamin pada semua otot polos. Air rebusan cacing tanah yang diberikan pada hewan percobaan tikus mencit langsung menetralkan histamin pada otot polos nya. Proses ini langsung memblokir dan menetralkan reaksi histamin yang mengecilkan saluran bronkial dan mengakibatkan sesak nafas seketika. Cairan cacing tanah tersebut menangkal efek histamin di dalam saluran pernapasan nya sehingga segera memulihkan saluran bronkitis menjadi longgar kembali


 Demikianlah manfaat cacing tanah sebagai obat tradisional sebagai obat alternatif




0 komentar:

Posting Komentar

Cacing Tanah Ampuh Mengobati Penyakit Typus