Berbagi tulisan bermanfaat yang pernah ku baca

Lintah Untuk Mengobati Emboli Pada Darah


Lintah Untuk Mengobati Emboli Pada Darah

 Ciri ciri lintah
 Tubuh lintah panjang, pipih setengah silinder, mengecil pada mulut dan ekor. Panjangnya rata rata 3 - 5 cm dan lebar 4 - 5 mm. Bagian punggung berwarna hijau coklat merah kehitaman serta terlihat tiga atau lima garis membujur berwarna kuning kecoklatan di sepanjang tubuhnya.

 Bagian perut lintah sapa berwarna abu abu. Lingkaran yang jelas berjumlah 132 sedangkan yang kurang nyata berjumlah 15 buah. Pada lintah terdapat dua buah alat pelekat. Masing masing terletak di ujung depan dan belakang tubuh. Lintah termasuk hewan hermaprodit

 Habitat lintah
 Hidup di daerah rawa rawa, persawahan, dan genangan air. Gerakan lintah sangat gesit, mampu berenang dengan cepat, bahkan bisa melenting saat mengejar sasaran yang akan diisap darahnya. Lintah dapat menghisap darah hewan maupun manusia.

 Daya reproduksi tubuh lintah sangat kuat. Semua bagian tubuhnya jika terpotong akan langsung menjadi lintah baru.

Lintah sebagai obat
Bagian tubuh lintah yang dapat menjadi bahan sediaan obat sangat ampuh. Bekas bagian yang terputus permukaannya tidak rata. Pada bagian yang patah tersebut terlihat tidak mengkilat dan berbau amis. Limbah kering sebagian dapat menjadi bahan obat yang memiliki panjang rata rata sekitar 2 sampai 5 cm dan lebar 2 sampai 3 mm.

Cara pengolahan lintah sebagai obat
 Lintah mudah didapatkan pada waktu musim hujan. Taburkan abu atau arak untuk membunuh lintah. Bersihkan dengan mencucinya kemudian potong potong dan keringkan dengan dijemur atau dipanggang dengan api sedang hingga kering sekali.Lintah juga bisa dikeringkan dengan cara disangrai dengan talcum powder. Caranya, ambil wajan kemudian beri talcum powder. Setelah panas, masukkan lintah yang telah bersih kedalam wajan lalu sangrai sampai rata dan terlihat melepuh. Angkat dan bersihkan lintah dari talcum powder kemudian angin anginkan sampai kering.

 Lintah juga dapat digoreng dengan minyak wijen. Goreng lintah yang sudah bersih menggunakan minyak wijen sampai warna lintah tersebut menjadi kuning. Setelah berubah warna, baru diangkat dan dikeringkan. Lintah goreng ini langsung dapat menjadi bahan sediaan obat tradisional.

 Khasiat lintah sebagai obat
  •  Lintah mempunyai khasiat sebagai berikut:
  •  Menghancurkan atau melarutkan darah yang menggumpal.
  •  Mencairkan darah yang membeku
  •  Mengobati penimbunan darah di bawah kulit
  •  Mengobati proses haid yang macet
  •  Mempercepat proses penyembuhan pada tulang yang patah


 Komposisi lintah sebagai obat
 Bahan sediaan lintah sebagai  krim mengandung protein yang tinggi. Air liur lintah segar mengandung enzim hirudin, sebagai enzim anti pembekuan darah.

 Farmakologi lintah sebagai obat hirudin atau hemaphilin pada lintah tidak akan rusak oleh panas dan alkohol, serta ampuh mencegah zat zat pembekuan darah. Lintah juga dapat memproduksi sejenis vitamin yang berefek memperlebar semua pembuluh darah kapiler dalam tubuh. Hirudin dapat menghisap darah dengan lancar. Sebanyak 20 mg dapat mencegah efek pembekuan 100 mg darah manusia.
 
 Dosis dan pemakaian lintah sebagai obat
 Sebagai obat dalam, minum serbuk lintah dengan berat 2 - 4 gram. Sebagai obat luar, tempelkan lintah hidup pada kulit agar menghisap darah pasien untuk mengobati penyakit tertentu. Lintah juga dapat direndam dan diambil cairannya kemudian oleskan di tempat yang sakit.

 Lintah ampuh mengobati menstruasi yang macet
 Untuk mengobati menstruasi yang macet, gunakan 30 buah lintah kering ditambah 20 biji buah persik dan ta huang  112 gram. Rebus campuran ini dengan air sampai mendidih beberapa kali. Minum air rebusannya selagi hangat.

 Mengobati perdarahan berat pada wanita
 Untuk mengatasi perdarahan berat pada wanita, gunakan 4 g lintah serbuk kering. Rebus dan saring serbuk tersebut kemudian minumbeberapa kali. minum air rebusannya selagi hangat.Darah kotor akibat perdarahan akan keluar sampai tuntas dan perdarahan segera berhenti.

Mengobati tulang yang patah
 Untuk pengobatan tulang, bakar lintah diatas tembikar yang baru sampai menjadi arang.Gerus arang lintah tersebut menjadi serbuk halus. Ambil 4 gram serbuk halus dan minum.


Demikian manfaat lintah bagi kesehatan




0 komentar:

Posting Komentar

Lintah Untuk Mengobati Emboli Pada Darah