Berbagi tulisan bermanfaat yang pernah ku baca

Lakukan Hal Ini Jika Anak Anda Ketahuan mencontek

Lakukan Hal Ini Jika Anak Anda Ketahuan mencontek

Setiap orang menginginkan anaknya berprestasi, tapi tentu saja bukan dengan cara mencontek. Kita menginginkan anak berprestasi dengan cara yang jujur. Mencontek tidak hanya terjadi pada anak sd, mencontek dapat terjadi pada anak SMP ataupun SMA, karena mencontek bukanlah termasuk fase perkembangan sikecil yang kita cintai.

Orang tua harus menyadari bahwa ketika seorang anak mencontek, tidak selalu menunjukan bahwa anak tersebut malas atau tidak mau belajar dan tidak mempersiapkan ujiannya. Anak mencontek bisa jadi karena terpengaruh budaya menghasilkan sesuatu secara instan, tidak perduli bagaimana caranya. Terkadang sebenarnya anak bisa mengerjakan ujiannya, hanya anak merasa kurang percaya diri. Anak tidak percaya dengan kemampuan dan usaha yang bisa ia lakukan bila iamengerjakannya sendiri.

Sebenarnya Anda bisa kok membantu agar anak tidak mencontek, dari pada menghakimi perbuatan anak. Cara yang paling jitu adalah jangan terlalu menuntut anak mendapatkan nilai yang tinggi, dan terus dampingi anak dalam belajar. Coba tanyakan bagian mana yang belum anak Anda pahami dan membuatnya kurang percaya diri, dan terus tingkatkan cara pandang bahwa belajar menyenagkan bukan hanya melulu bertarget mendapatkan nilai yang tinggi,  tapi fokuslah pada usaha anak melakukan yang terbaik yang ia bisa.

Jika anak Anda ketahuan mencontek, anda dapat menasehatinya dengan cara yang lemah lembut dan tidak menghakimi, dan yang terpenting jangan menasehati perbuatan buruk anak didepan orang lain sehingga membuat anak Anda merasa malu.

Untuk membantu anak belajar, boleh-boleh saja memanggil guru les kerumah. Memanggil guru les bukan selalu bertanda bahwa anda tidak mampu menguasai materi pelajaran anak anda. Tapi baiasanya, belajar dengan seorang guru yang bukan orang tuanya sendiri membuat anak menjadi lebih mandiri. Banyak orang tua yang mengeluhkan anak mereka justru menjadi aleman jika belajar dengan orang tuanya, atau anak lebih penurut jika dinasehati oleh gurunya. Jika memang Anda harus memanggil guru les, tetap dampingi anak belajar tapi bukan menunggui didekat anak ketika ia belajar dengan guru les nya. Tips nya, sebelum les dirumah dimulai, anda berbicaralah kepada guru les empat mata mengenai perkembangan dan kebutuhan anak, misalnya materi pelajaran dan karakter anak.

Jika anak Anda sudah tidak mencontek lagi namun mendapatkan nilai yang lebih rendah, pujilah atas sikap jujurnya. Berilah pengertian bahwa sikap yang jujur lebih baik dari pada mendapat nilai yang bagus tapi mencontek. Ingatkan bahwa yang melihat perbuatan kita tidak hanya Bu guru dan Pak guru tapi juga ada Tuhan yang mengamati


Semoga bermanfaat.




0 komentar:

Posting Komentar

Lakukan Hal Ini Jika Anak Anda Ketahuan mencontek