Berbagi tulisan bermanfaat yang pernah ku baca

Bahaya Membersihkan Kotoran Telinga Terlalu sering

Tahukah Anda bahwa tidak semua kotoran yang ada pada tubuh kita harus dihilangkan dan dibersihkan hingga tidak bersisa? Ada banyak kotoran pada tubuh kita yang justru bermanfaat dan tidak harus selalu dibersihakn setiap hari. Contohnya adalah kotoran yang ada ditelinga kita.
Pada sebagian orang, membersihkan kotoran telinga adalah hal rutin yang terasa sangat nikmat. Sensasi yang ditimbulkan ketika membersihkan telingaakan membuatnya tertidur. Hingga orang tersebut akan terlalu rajin membersihkan telinganya setiap hari, karena berfikir bahwa ia akan mendapatkan dua keuntungan yaitu rasa enak yang ditimbulkan ketika membersihkan telinga dan telinga yang super bersih.
 
membersihkan kotoran telinga
Membersihkan kotoran telinga

Namun tahukah anda bahwa kotoran telinga memiliki manfaat tersendiri bagi fungsi telinga dalam menjalankan tugasnya sebagai indra pendengar? Para pakar kesehatan mengingatkan untuk tidak terlampau sering membersihkan kotoran telinga, karena itu akan berdampak buruk bagi tubuh kita. Nah, kali ini penulis akan membahas sebera penting kotoran telinga bagi tubuh kita.

Kotoran teringa atau bahasa kerennya dalam dunia medis disebut serumen. Serumen didefinisikan secara umum sebagai kelenjar minyak seperti pelumas yang tugasnya adalah meminyaki saluran telinga agar saluran telinga kita tidak mudah lecet. Selain itu, fungsi serumen yang tidak kalah penting adalah melindungi telinga dari setiap ancaman yang masuk kedalam saluran telinga seperti benda asing dan mikroorganisme berbahaya lainnya seperti serangga yang berukuran kecil (kalau besar ya gak muat bro J ) seperti semut atau lalat buah.

Jadi bagaimana dong jika kita tidak diperbolehkan terlalu sering membersihkan kotoran telinga? Yang terbayang tentu telinga kita akan dipenuhi dengan tumpukan kotoran telinga. Nah, Tuhan telah menciptakan mahluknya dengan sangat sempurna, semua memiliki fungsi yang tepat dan sesuai. Begitu juga dengan telinga kita. Tidak usah khawatir dengan timbunan kotoran telinga, karena kotoran telinga akan keluar dengan sendirinya melalui mekanisme yang unik ketika kita mengunyah makanan ataupun menguap. Selain itu, serumen juga menjaga agar saluran telinga tidak ditumbuhi jamur. Sempurna bukan?

Namun jika Anda tetap ingin membersihkan kotorang telinga, hal tersebut tidak dilarang selama Anda mebersihkannya tidak setiap hari. Selain itu, ketika Anda membersihkan telinga, jangan menggunakan cutton buds, karena cutton buds hanya akan mendorong kotoran semakin masuk kedalam telinga kita. Gunakan alat membersihkan telinga yang banyak dijual bebas dipasaran atau dengan menggunakan metode lain seperti media api lilin.


Semoga bermanfaat.

Baca juga artikel:






0 komentar:

Posting Komentar

Bahaya Membersihkan Kotoran Telinga Terlalu sering