Berbagi tulisan bermanfaat yang pernah ku baca

Hati Hati Konsumsi Manis, Dapat Merusak Ginjal

 Jika kita bekerja saat cuaca panas, baik itu didalam ruangan ataupun diluar ruangan, tentu segar sekali jika dahaga kita disiram dengan seteguk air yang manis dan dingin. Hal ini akan lebih sulit dihindari jika dilingkungan atau lokasi kita bekerja tersedia dengan mudah fasilitas minuman yang dingin dan manis. Tinggal abil, sruput, hmmmm segaaarrrr…

minuman manis dapat merusak ginjal
Aneka minuman manis yang menarik

Namun tahukah anda bahwa minuman manis yang kental ( biasanya tentu minuman manis akan lebih kental dari sekedar air putih biasa), bisa merusak ginja?  Menurut para pakar kesehatan, minuman yang manis dan kental akan mempersulit kinerja ginjal. Oleh karena itu, minuman yang manis, sebaiknya diencerkan terelebih dahulu untuk memperingan kerja ginjal. Minuman yang cukup encer nutrisinya akan lebih mudah diserap oleh tubuh. Tips yang paling mudah untuk mengurangi tingkat viskositas atau kekentalan minuman yang akan kita konsumsi tanpa mengurangi kenikatan rasanya adalah, segera minum air putih (tanpa pemanis) segera setelah kita mengkonsumsi minuman manis. Maksudnya, Anda nikmai dulu minuman manis Anda, baru kemudian segera minum air putih minimal sebanyak minuman manis yang telah Anda habiskan. Selain itu, mengkonsumsi air putih juga akan mencegah tubuh Anda dari dehidrasi.

Selain itu, jika anda terbiasa mengkonsumsi minuman manis kemasan, Anda tidak mengetahui kadar gula yang telah ditambahkan kedalam minuman, sebaiknya Anda cek lagi komposisi minuman tersebut, berapa jumlah kalori yang tertera serta jenisnya. Pada jenis minuman tertentu, telah banyak ditemukan pemanis-pemanis yang tidak boleh dikonsumsi oleh manusia, walaupun boleh dikonsumsi, Anda harus memperhatikan batas penggunaan nya, jangan sampai melebihi batas yang telah ditetapkan.

Penelitian membuktikan, mengkonsumsi pemanis buatan atau tidak alami akan meningkatkan resiko terkena penyakit-penyakit kronis seperti diabetes dan ginjal.  Sayangi tubuh Anda dengan hanya mengkonsumsi minuman dan makanan yang sehat secara cukup tanpa berlebihan. Cara paling cepat mengetahui apakah konsumsi minuman manis Anda berlebihan adalah dengan melihat warna dan volume air seni Anda. Jika warnanya lebih pekat dan volume nya lebih sedikit dari biasanya, maka itu adalah pertanda Anda harus segera mengurangi konsumsi air manis dan memperbanyak minum air putih.






0 komentar:

Posting Komentar

Hati Hati Konsumsi Manis, Dapat Merusak Ginjal