Berbagi tulisan bermanfaat yang pernah ku baca

Jangkrik Sebagai Obat Alami Penurun Panas


Jangkrik Sebagai Obat Alami Penurun Panas


  Ciri ciri jangkrik
Kepala berbentuk bulat dan agak menonjol ke depan berwarna coklat, coklat tua, atau hitam. Jangkrik memiliki 1 pasang sungut panjang, halus berwarna coklat muda, dan panjang melebihi panjang badannya.

 Warna tubuh jangkrik coklat atau hitam mengkilat, terdapat bulu bulu berwarna coklat kekuningan dan coklat tua. Tubuhnya panjang dan bulat dengan panjang 3 - 4 cm. Pada dadanya terlihat dua pasang sayap indah berornamen jelas kekuningan atau putih transparan kekuningan. Sayap depan jangkrik berwarna coklat, pinggir dan atasnya berwarna hitam, serta bagian bawah berwarna kuning. Kemampuan terbangnya cukup baik. Jangkrik mempunyai tiga pasang kaki berwarna kuning kehitaman dan bulu halus berwarna coklat. Kaki belakang jangkrik panjang dan kuat digunakan untuk meloncat dengan lincah dan gesit.

 Pada jangkrik jantan, panjang sayapnya melebihi panjang tubuhnya dengan permukaan sayap berornamen, yang digunakan sebagai penghasil suara dengan digesek gesekan satu dengan lainnya, untuk menarik perhatian para betina. Biasanya, 1 pejantan dapat mengawini banyak betina. Sayap dalamnya transparan, berwarna abu abu, dan terlipat membentuk ekor.

 Pada jangkrik betina, sayap depan berornamen sederhana , berwarna hitam, dan bergaris lembut coklat kekuningan tidak begitu terlihat jelas.sayap jangkrik betina tidak dapat menghasilkan suara. Ujung perut jangkrik betina terdapat pipa kecil memanjang ke belakang. Fungsi pipa ini sebagai alat meletakkan telur di tanah gembur atau gundukan pasir.

 Habitat jangkrik jangkrik dewasa sebelum kawin senang bersembunyi di bawah sampah, bongkahan tanah, sela sela batu. Jangkrik hidup bergerombola dan berpindah pindah dari satu lahan ke lahan lain. Jangkrik aktif di malam hari dan suka mendatangi tempat yang lebih terang misalnya lampu atau obor.

 Setelah kawin, jangkrik betina bersiap mencari tempat yang dianggap aman untuk meletakkan telur telurnya dari serangan predator. Tongkat di ujung perut betina ditusukkan dalam bongkahan tanah atau pasir. Jangkrik betina kemudian mengeluarkan telur dan ditinggal begitu saja sampai menetas. Jangkrik muda, mula mula belum bersayap kemudian tumbuh sayap seiringp erjalanan umur mencapai dewasa

Khasiat jangkrik
  • Khasiat jangkrik untuk kesehatan adalah:
  • Menurunkan panas
  • Melebarkan pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah
  • Sebagai obat diuretik untuk melancarkan air seni
  • Mengobati impotensi ringan
  • Menyembuhkan beri beri dan busung perut


Dosis dan cara pengolahan jangkrik sebagai obat alternatif
 Tangkap jangkrik kemudian masukkan dalam baskom dan siram dengan air mendidih. Setelah airnya dingin, tiriskan jangkrik - kering. Proses berakhirnya, jemur jangkrik di bawah sinar matahari sampai betul betul kering atau panggang pada bara api sedang sampai kering tetapi jangan sampai hangus.

Setelah dingin, tumbuk dan giling sampai halus. Setelah menjadi serbuk halus, masukkan ke dalam kapsul. Selanjutnya, kapsul ini dapat disimpan sebagai sediaan obat tradisional yang ampuh. Selain dalam bentuk kapsul, jangkrik dapat disimpan dalam bentuk serbuk halus aja. Dosisnya sebagai diuretik adalah 4 - 10 gram serbuk.


 Demikian manfaat jangkrik sebagai obat alternatif atau obat tradisional yang dapat anda gunakan. Semoga bermanfaat 




0 komentar:

Posting Komentar

Jangkrik Sebagai Obat Alami Penurun Panas