Berbagi tulisan bermanfaat yang pernah ku baca

Status Kehalalan Sari Buah Dalam Kemasan

Status Kehalalan Sari Buah Dalam Kemasan
Jus Buah Dalam kemasan

Jus buah sekarang banyak dijumpai di pasaran dalam bentuk kemasan baik lokal maupun impor. Apakah sari buah yang disimpan lama tidak mengandung alkohol? Dalam berapa lama sebaiknya jus buah kita simpan?
Berdasarkan prosesnya jus buah dalam kemasan dibedakan menjadi dua jenis yaitu jus buah pasteurisasi dan jus buah steril.

Jus buah pasteurisasi biasanya dikemas dalam botol plastik atau kemasan kotak karton, jus buah steril banyak dikemas dalam kemasan kotak karton. Jus buah pasteurisasi harus disimpan pada suhu dingin atau dalam kulkas sesuai dengan petunjuk penyimpanan yang tertera pada label. Jus buah pasteurisasi yang disimpan dalam kulkas dapat tahan selama satu sampai dua minggu sesuai dengan tanggal kadaluarsa pada labelnya. Jika disimpan pada suhu ruang maka jus buah pasteurisasi ini mengalami kerusakan dalam waktu 2 sampai 3 hari.
Kerusakan ditandai dengan terbentuknya gelembung gas serta bau asam atau alkohol.

Jus buah yang dapat disimpan pada suhu ruang atau tidak perlu dimasukkan dalam kulkas adalah jus buah steril. Jus buah streril dapat disimpan dalam kulkas jika diinginkan diminum dingin. Jus buah steril yang disimpan pada suhu ruang dapat tahan berbulan bulan sesuai dengan tanggal kadaluarsanya jika kemasan tidak rusak.

Perlu diketahui bahwa tanggal kadaluarsa produk tidak berlaku lagi jika kemasan sudah dibuka atau kemasannya rusak. Jus buah pasteurisasi atau jus buah steril yang sudah dibuka sebaiknya disimpan dalam kulkas, disarankan sisa jus buah ini dapat dihabiskan dalam waktu tidak lebih dari 3 hari. Jika terlalu lama disimpan maka pada jus buah tumbuh mikroba yang dapat menyebabkan kerusakan dan terbentuknya alkohol sehingga jus buah menjadi tidak layak lagi untuk dikonsumsi.


Dalam membeli produk jus buah usahakan memilih produk yang mempunyai logo atau tulisan halal pada label nya hal ini disebabkan karena pada pembuatan produk jus buah yang jernih kemungkinan digunakan enzim atau bahan penjernih yang beresiko tidak halal.




0 komentar:

Posting Komentar

Status Kehalalan Sari Buah Dalam Kemasan