Berbagi tulisan bermanfaat yang pernah ku baca

Landak Untuk Mengobati Ambeien


Landak Untuk Mengobati Ambeien



 Ciri ciri landak
 Landak merupakan mamalia unik dengan bulu bulu yang keras (disebut duri) menutupi tubuh bagian atas dan berfungsi sebagai alat pertahanan diri. Pada bagian kepala, duri duri tersebut terbelah menjadi dua. Warna duri landak putih kecoklat-coklatan dengan pangkal berwarna putih dan kuning tanah atau sebaliknya

Landak memiliki kepala lebar, moncong runcing, dan telinga pendek. Tubuh landak memiliki panjang sekitar 22 cm. Punggung dan muka landak berwarna  coklat tanah dengan bagian perut dan ke empat kaki berbulu putih. Kaki dan cakar landak panjang

Landak mampu berlari mundur atau ke samping dengan cepat. Apabila bertemu musuh usaha pertama adalah lari menghindar tetapi dalam keadaan terjepit akan menggerakkan dirinya dalam posisi berdiri seperti anak panah. Dengan posisi semacam itu, landak menggulung dirinya menjadi sebuah bola berduri sehingga merasa aman.

Habitat landak
 Landak bermukim di semak belukar baik di dataran rendah maupun pegunungan. Tetapi juga sering tampak di pinggiran kota atau tanah pekuburan.

Landak membuat sarang dengan membuat lubang dalam tanah dengan kedalaman sekitar 5 meter. Lubang tersebut bercabang dan mempunyai banyak pintu keluar. Lubang yang besar menjadi pintu masuk dan yang kecil sebagai pintu keluar. Landak tidur pada siang hari dan aktif mencari makan pada malam hari. Makanan utama landak adalah serangga hama ulat, katak, kadal, anak ayam, telur burung, buah buahan dan sayuran, serta ubi ubian. Indera penglihatan landak kurang tajam tetapi indra pendengaran dan penciuman sangat tajam

 Khasiat landak sebagai obat
Bagian dari landak yang berkhasiat adalah kulit atau durinya. Duri landak memiliki khasiat sebagai berikut: 

  • Menyembuhkan ambeien
  • Menyembuhkan hernia
  • Menghentikan pendarahan berlebihan

Landak sebagai obat
Kulit atau duri landak yang sudah kering berbentuk segi banyak atau batangan lurus dengan panjang sekitar 20 cm. Duri ini terasa bagaikan jarum berwarna putih keabu abuan atau kuning coklat keabu abuan. Duri landak tidak selalu seragam, di bagian perut banyak duri lunak dengan warna coklat abu abu sampai coklat tua.

 Komposisi duri landak
 Zat utama duri landak bagian atas adalah keratin. Bagian bawah mengandung kolagen dan turunan protein lainnya, misalnya, asam amino, elastin, serta lemak.

 Dosis dan cara pemakaian bulu landak sebagai obat.
Untuk mengobati ambeien dan hernia, bakar kulit landak dan sisik trenggiling masing masing seberat 7,5  g menjadi arang. Campurkan setengah butir buah pala dan tumbuk sampai halus. Campur serbuk dengan air tajin (air sari menanak nasi) dan minum sebelum makan. Ini untuk sekali minum.


Demikian informasi mengenai bulu landak yang dapat dijadikan obat tradisional atau obat alternatif. Semoga bermanfaat.




0 komentar:

Posting Komentar

Landak Untuk Mengobati Ambeien