Berbagi tulisan bermanfaat yang pernah ku baca

Kepiting Berkhasiat Memperlancar Proses Kelahiran


Kepiting Berkhasiat Memperlancar Proses Kelahiran


 Ciri ciri kepiting
Seluruh tubuh termasuk bagian dada tertutup dengan kulit yang keras, punggungnya berwarna hijau
coklat tua kehitaman tetapi perut berwarna agak pucat. Sepasang matanya mempunyai tangkai pendek, dapat digerakkan ke kanan dan ke kiri sesuai arah pandangan dan mempunyai dua pasang sungut. Kaki kepiting berjumlah lima pasang berada di kiri dan kanan dada. Sepasang kaki pertama yang berada paling depan bentuknya paling besar dan kokoh serta mempunyai capit bergerigi. Tiga pasang kaki belakangnya terlihat lebih kecil berbentuk pipih panjang tetapi seragam dengan ujung yang runcing seperti cakar. Kaki ini berfungsi sebagai alat untuk berjalan. Satu pasang kaki terakhir yang berada paling belakang bentuknya pipih, bulat agak memanjang, lebih besar bila dibandingkan dengan laki laki yang tengah. Kaki ini berfungsi untuk gerakan mundur, miring ke kanan kiri, dan sebagai kemudi.

Habitat kepiting
Kepiting pada dasarnya hidup  di selokan, kolam, sawah, dan daerah aliran sungai mulai dari hilir sampai ke hulu sungai. Kebiasaan hidup kepiting adalah menggali lubang di tanggul tanggul sawah dan membuat sarang di pasir pasir atau tanah yang lunak di tepi pantai.

 Kepiting termasuk hewan yang aktif mencari makan pada malam hari. Kepiting memakan bangkai bangkai binatang dan biji bijian.

Kepiting dewasa akan berenang ke perairan laut untuk berkembang biak. Telur telur kepiting selalu dibawa oleh kepiting dewasa dan diletakkan dalam sebuah kantung dibagian perut bawah cangkangnya. Setelah menetas menjadi kepiting kepiting kecil, anak kepiting tersebut menyusuri pantai dan melanjutkan pertumbuhannya sampai dewasa di pantai pantai dan perairan laut

Khasiat kepiting sebagai obat
  • Khasiat kepiting bagi kesehatan adalah:
  • Memperbaiki dan membersihkan darah
  • Menghancurkan darah yang beku
  • Mempercepat proses penyembuhan tulang yang patah
  • Mengatasi ibu hamil yang mengalami kesulitan melahirkan
  • Mengeluarkan janin yang meninggal di dalam rahim ibunya.


Kepiting untuk mengobati patah tulang
Untuk mengobati patah tulang dengan cara  membakar cangkang dan kaki kaki kepiting sampai menjadi arang. Tumbuk dan giling cangkang kepiting tersebut hingga menjadi serbuk halus. Dosisnya sekali minum adalah 12 sampai 16 g.

Kepiting melancarkan proses kelahiran
Perhatikan bahwa tidak semua bagian tubuh kepiting mempunyai khasiat untuk memperlancar proses kelahiran. Kaki kepiting terdiri dari 5 pasangan yaitu kaki depan berfungsi sebagai penjepit, 3 pasang di tengah berfungsi sebagai alat untuk berjalan, dan 1 pasang yang terakhir berfungsi sebagai alat kemudi. Kaki kepiting yang bisa berfungsi sebagai obat tradisional untuk memperlancar proses persalinan adalah tiga pasang kaki yang ditengah saja.

 Akan tetapi tiga pasang kaki yang di tengah sampai sekarang masih dipakai oleh ahli obat tradisional china untuk menolong kesulitan kelahiran. Apalagi bila si ibu tidak berani untuk operasi cesar.

Dosis dan pemakaian kepiting sebagai obat
Standar yang biasa digunakan adalah tiga ekor kepiting dewasa yang kecil dan kurus. Jangan memilih kepiting yang besar atau sedang bertelur karena efeknya kurang optimal. Untuk ibu hamil yang gemuk dapat diberikan empat sampai lima ekor kepiting dewasa tetapi yang kurus dan kecil

 Ambil atau potong kaki kepiting bagian tengah yang berjumlah 3 pasang, bersihkan dari kotoran kotoran yang menempel, dan potong sehingga jumlah kaki yang terpotong menjadi 9 pasang.

Remukkan kaki kaki tersebut agar sari mudah keluar waktu di rebus. Beri air secukupnya sampai mendidih lalu masukkan kaki kepiting tersebut sambil aduk aduk agar panasnya merata biarkan air rebusan kepiting tersebut mendidih sampai tersisa setengahnya. Air rebusan terlihat sedikit keruh dan siap menjadi obat tradisional untuk memperlancar kelahiran. Air rebusan tersebut hanya untuk  satu kali dan sebaiknya jangan disimpan terlalu lama.

Perhatikan pula bahwa efek obat tersebut membutuhkan waktu proses  6-12 jam, oleh karena itu, saat meminum ramuan ini sebaiknya dihitung agar waktu kelahiran bayi sesuai dengan harapan orang tua.

 Resep ini merupakan resep turun temurun dari kakek moyang dalam pengobatan ramuan china. Menurut catatan medis, dalam 100 kasus kesulitan melahirkan normal setelah diberikan air rebusan kaki kepiting dapat melahirkan dengan normal sebanyak 98 persen. Sisanya karena kesalahan memilih jenis kaki kepiting sehingga hasilnya kurang optimal. Semoga resep ini dapat dipakai sebagai pilihan yang tepat guna. Alangkah baiknya, setelah melahirkan diberi obat tradisional kulit keledai, untuk mengembalikan kondisi ibu, menambah darah, serta melancarkan air susu ibu.






0 komentar:

Posting Komentar

Kepiting Berkhasiat Memperlancar Proses Kelahiran