Berbagi tulisan bermanfaat yang pernah ku baca

Hal Yang Harus Diperhatikan ketika Anda Menggunakan Suplemen

Benarkah tubuh Anda memerlukan suplemen? Menggunakan suplement memang praktis, anda tidak perlu mengkonsumsi makanan sehat secara ketat. Tapi ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika Anda menggunakan suplemen.



Tidak dapat kita pungkiri jika tubuh kita memerlukan vitamin dan mineral yang digunakan untuk menangkal berbagai penyakit dan meningkatkan daya tahan tubuh. kekurangan vitamin dapat mengakibatkan kerusakan organ tubuh kita, namun kelebihanpun dapat berlaku juga demikian.

Karena berbagai alasan, sebagian besar orang kurang mengkonsumsi vitamin dan mineral secara cukup dan seimbang, sehingga memutuskan untuk mengkonsumsi vitamin, karena lebih praktis dan mudah dilakukan. Namun ternyata mengkonsumsi  suplemen tidak boleh sembarangan, ada aturan yang harus kita perhatikan, seperti takaran dan frekuensi pakainya.

makanan seimbang dan zat gizi yang diperlukan tubuh
Makanan Seimbang


Pastikan kecukupan gizi Anda
Sebelum menggunakan suplemen, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengecek kecukupan gizi tubuh Anda, masih kurang, cukup, atau lebih. Jika Anda kekurangan zat gizi tertentu, cara paling sederhana untuk mengetahuinya adalah melihat gejala klinis yang timbul pada tubuh Anda, namun hal ini tidak dianjurkan, karena jika gejala klinis sudah muncul, maka kerusakan yang ditimbulkan pada tubuh sudah sulit untuk dipulihkan. Contohnya, Xerophtalmia, akibat kekurangan vitamin A yang ditandai dengan munculnya bercak kemerahan pada mata.

Cara lain yang bisa kita lakukan untuk mengetahui kebutuhan gizi adalah dengan menghitung berapa zat gizi yang sudah kita konsumsi kemudian kita bandingkan dengan Angka Kecukupan Gizi yang disarankan (AKG). Namun lagi-lagi, hal ini cukup rumit kita lakukan, dan biasanya kita perlu berkonsultasi lagi dengan seorang ahli gizi.

Di kebanyakan negara maju, mengukur kecukupan gizi seseorang sudah relatif mudah dilakukan karena sudah banyak terdapat alat, semacam program komputer, yang dapat kita gunakan untuk membandingkan, menghitung dan mengkonversi zat gizi dari makanan yang kita santap. Sehingga memudahkan dalam seseorang dalam mengetahui Angka Kecukupan Gizi seseorang. Dan alat seperti ini sudah sepatutnya dikembangkan juga di Indonesia.

Ada cara sederhana untuk melihat apakah tubuh kita telah mendapat zat gizi yang dibutuhkannya secara cukup. Yaitu dengan melihat apakah kita telah mengkonsumsi keragaman makanan sebagai sumber energi sehari-hari. Selogan empat sehat lima sempurna harus kita perhatikan.Namun menurut para pakar, ada cara lain yang lebih sederhana untuk mengetahu kecukupan gizi seseorang, yaitu dengan melihat warna makanan yang dikonsumsi, dan minimal harus ada tiga warna makanan yang kita konsumsi sehari hari agar tubuh kita mendapat gizi seimbang. Misalnya nasi dan tempe adalah dua warna, maka kita harus menambahkan satu warna lagi, misalnya sayuran yang berwarna hijau.

Bila seseorang sudah memenuhi kebutuhan gizinya, maka orang tersebut tidak memerlukan suplemen. makanan. Namun ada saat saat dimana seseorang memerlukan suplemen, misalnya saat hamil, menyusui, dan proses penyembuhan masa tua.

Nah, sekarang Anda dapat mengukur sejauh mana kecukupan gizi Anda,? Pakailah perhitungan dengan cara yang paling sederhana.Misal dengan menghitung jumlah warna makanan Anda.

Semoga bermanfaat.

Baca juga artikel:









0 komentar:

Posting Komentar

Hal Yang Harus Diperhatikan ketika Anda Menggunakan Suplemen